Cara Mengatasi Nomor handphone Yang Anda Masukkan tidak Sesuai Dengan Data di BPJS Kesehatan Saat Mendaftar Mobile JKN

Beberapa hari lalu saya ingin mengecek BPJS kesehatan saya ada di kelas berapa. lahh kok bisa gaktau kelas berapa, iya, soalnya BPJS kesehatan saya kebetulan dibayarkan oleh perusahaan tempat saya bekerja, Cuma saya gaktau kelasnya kelas berapa. Sama sekalian juga mau mengecek apakah istri saya sudah tercover oleh perusahaan tempat saya bekerja atau tidak. Awalnya saya coba chat Chika BPJS di nomor 08118750400, ternyata yang bisa dibantu oleh Chika ini hanya cek kesehatan, cek tagihan, skrining kesehatan, tutorial mobile JKN, panduan layanan, layanan pandawa dan cari lokasi.

Karena tidak menemukan jawaban dari Chika ini, akhirnya saya memutuskan untuk menginstall aplikasi resmi BPJS Kesehatan yaitu Mobile JKN. tapi saya terkendala dengan nomor HP ketika akan mendaftar di aplikasi Mobile JKN ini. Ketika saya memasukkan nomor handphone muncul pesan bahwa “ No handphone yang Anda masukkan tidak sesuai dengan data di BPJS Kesehatan “

Karena itu Akhirnya saya langsung saja menelpon CS BPJS kesehatan, tapi ternyata yang angkat adalah Chiko (CS Cowok) haha, awalnya disarankan oleh CS tersebut untuk menghubungi layanan pandawa melalui whatsapp sesuai lokasi domisili, tetapi setelah menunggu 2 hari tidak ada balasan juga. Akhirnya saya mencoba menghubungi CS BPJS Kesehatan kembali, Untungnya kali ini diangkat oleh CS perempuan BPJS Kesehatan, yang langsung membantu saya untuk melakukan pengajuan perubahan nomor Handphone.

Kalo di summary kan berikut cara mengganti no HP Mobile JKN BPJS terbaru :

1.  Siapkan Data Diri

Siapkan Kartu BPJS dan KTP (atau cukup nomor kartu BPJS dan NIK pada KTP saja) sebelum menelpon pihak Care Center atau CS BPJS Kesehatan.

2.  Pastikan Nomor HP Aktif

Pastikan Nomer HP yang akan didaftarkan sudah aktif.

3.  Install Aplikasi Mobile JKN Terbaru

Pastikan teman teman telah menggunakan aplikasi Mobile JKN terbaruJika belum mempunyai aplikasi Mobile JKN bisa mendownloadnya di Playstore atau appstore

4.  Hubungi CS BPJS Kesehatan

Hubungi BPJS Kesehatan Care Center di 1500 400 atau yang terbaru di 165

5.  Ajukan Pergantian Nomor Handphone

Setelah terhubung, sampaikan kepada CS BPJS Kesehatan yang bertugas maksud dan tujuan menghubunginya yaitu ingin mengganti nomer telepon kepesertaan BPJS Kesehatan.

6.  Informasikan Data Diri

Selanjutnya CS akan menanyakan beberapa hal terkait data pribadi teman teman sesuai dengan data BPJS Kesehatan yang telah terdaftar.

7.  Konfirmasi Perubahan Nomor Handphone

Jika sudah sesuai, maka CS BPJS Kesehatan akan mengkonfirmasi perubahan nomor HP teman teman yang baru dan kode verifikasi akan dikirimkan ke nomor baru teman teman.

Biasanya ada dua case yang berbeda, Jadi kalo nomor HP teman teman belum pernah diisi saat mendaftar atau dikosongkan saat mendaftar, maka tidak perlu verifikasi nomor hp. Langsung saja menuju aplikasi JKN Mobile untuk mendaftar

Tapi kalo teman teman sudah pernah mengisi nomor handphone saat mendaftar dan nomor tersebut sudah tidak aktif, hilang dan sebagainya, kita butuh waktu maksimal 3 hari untuk menunggu pengajaun perubahan nomor handphone, baru setelah itu kita akan diminta untuk mengirimkan SMS OTP (harus menggunakan pulsa) untuk nanti kita akan dikirimkan kode nya untuk di verifikasi

8.  Verifikasi Nomor Handphone terbaru

Verifikasikan nomor HP terbaru teman teman dengan menggunakan kode verifikasi yang telah dikirim oleh pihak CS BPJS Kesehatan.

9.  Selesai Dan Selamat

Selamat sekarang nomor HP BPJS Kesehatan teman teman telah berhasil diganti dengan nomer HP aktif yang baru.

Setelah sudah selesai mengganti nomor handphone, kita tinggal lanjut untuk daftar atau register di aplikasi Mobile JKN. Setelah itu tarattttttttt, kita sudah dapat melihat semua informasi tentang BPJS Kesehatan kita di aplikasi Mobile JKN, termasuk pertanyaan saya mengenai kelas dan apakah istri saya sudah masuk atau tidak.

Demikian cerita saya saat mencoba mendaftar di aplikasi Mobile JKN. Semoga bermanfaat teman teman, semoga lancar segala urusannya dan sehat selalu teman teman. Terima kasih

1 komentar untuk "Cara Mengatasi Nomor handphone Yang Anda Masukkan tidak Sesuai Dengan Data di BPJS Kesehatan Saat Mendaftar Mobile JKN "

  1. Comment Author Avatar
    Terima kasih informasinya..