Referensi Daily Activity Muslim

Kenapa harus buat daily activity, karena kita tinggalnya sebentar disini. Coba bayangkan di quran surah al hajj Allah bilang begini Sesungguhnya sehari disisi Tuhanmu adalah seperti seribu tahun menurut perhitunganmu.

Kalo gitu, berarti 1 hari akhirat = 1000 Tahun di dunia
24 jam Akhirat = 1000 Tahun
3 jam akhirat = 125 Tahun (karena kan 24/3 = 8 Jam, 8 jam x 125 tahun = 1000 tahun)
Kalo gitu, berarti 1,5 jam = 125/2 = 62,5 tahun.

Kalo umur manusia itu rata rata 60 – 70 tahun, berarti hidup kita manusia ini kalo dilihat dari langit Cuma 1,5 jam. Subhanallah!

Karena itu rasanya penting untuk membuat daily activity yang tetap menjalankan kewajiban kita sebagai manusia dibumi.

Oh ya, daily activity hanya referensi saja, semisal teman teman punya referensi yang lain lagi bisa di share dibawah ya teman teman supaya bisa jadi referensi kita Bersama sama :)

Daily Activity Muslim #TanpaHalu

Nahhh ini awalnya saya dapat dari pinterest, kemudian disesuaikan dengan aktivitas sehari hari yang mungkin bisa coba kita lakukan.

Note :
Kalo ada waktu luang, kita coba manfaatin untuk sesuatu yang bermanfaat yuk!
Misalnya : family time, baca buku, Dengar kajian ataupun baca quran

Download Powerpoint : Daily Activity muslim #TanpaHalu

Daily Activity Muslim #KuliTambang

Nahh Kalo Daily activity dibuat oleh ilhamsy.com alias saya sendiri haha, kalo ada teman teman yang memiliki nasib yang sama mungkin. Yang memulai aktivitas bekerjnya dari Jam 6 pagi sampai jam 6 sore mungkin daily activity ini bisa menjadi referensi aktivitas kita Bersama

Note :
Free time bisa dimanfaatin untuk aktivitas bermanfaat lainnya ya, kayak main sama anak dan istri, pijit orang tua atau sekedar bercengkrama dengan mereka. Baca buku atau dengar kajian dan aktivitas aktivitas bermanfaat lainnya.

Download Word : Daily Activity KuliTambang

Daily Activity Muslim versi Rumaysho.com

Sebenarnya ini diperuntukkan untuk jadwal amal saleh untuk anak di Bulan Ramadan tapi kalo diliat liat kayaknya cocok juga diterapkan di remaja sampai orang dewasa terutama pelajar dan mahasiswa

03.30 - 04.30 :
Bangun tidur membaca dzikir, shalat tahajud, mem - baca Alquran, berdoa pada sepertiga malam terakhir, beristigfar, makan sahur diakhirkan (kalo bulan Ramadan), persiapan shalat Shubuh.

04.30 - 06.00 :

Setalah azan berkumandang, melakukan shalat Sunnah Fajar dua rakaat (pahalanya: lebih baik dari dunia dan seiisinya), shalat shubuh berjamaah di masjid (untuk laki-laki, sedangkan shalat wanita lebih afdal di rumah), membaca dzikir pagi, membaca Alquran, menyempatkan shalat isyraq (yaitu shalat Dhuha pada awal waktu, waktu shalat isyraq adalah 15 menit setelah matahari terbit).
06.00.- 07.00 :
Persiapan sekolah/Kuliah/kerja dan shalat Dhuha sebelum ke sekolah/kampus/kantor.
07.00 - 12.00 :
Kegiatan sekolah/kuliah/kerja.

12.00 - 13.00 :

Shalat Zhuhur berjamaah di masjid (untuk laki-laki) diawali dengan empat rakaat qabliyah, shalat bakdiyah Zhuhur dua rakatat.

13.00 - 15.00 :

Istirahat untuk pelajar. Melanjutkan kerja untuk pekerja

15.00 - 16.00 :

Shalat Ashar berjamaah di masjid (untuk laki-laki), boleh diawali qabliyah Ashar empat rakaat, kemudian membaca Alquran setelahnya.

16.00 - 18.00 :

Membantu ayah bunda persiapan berbuka puasa (saat Ramadan atau puasa sunnah), ikut kajian di masjid / online, membaca Alquran dan olahraga sore.

18.00 - 19.00 :

Berbuka puasa, jangan lupakan doa bakda berbuka dan doa yang diijabahi saat berbuka, shalat Maghrib berjamaah di masjid (untuk laki-laki), shalat bakdiyah Maghrib dua rakaat, membaca dzikir petang.

19.00 - 21.00 :

Shalat Isya berjamaah di masjid (untuk laki-laki), shalat bakdiyah Isya, shalat tarawih, ditutup shalat witir, membaca Alquran, kaji tafsir Alquran.

21.00 - 21.30 :

Mengulang pelajaran sekolah, bercengkerama dengan keluarga, lakukan adab tidur seperti berwudhu, tidur malam dengan diawali membaca ayat kursi dan tiga surah perlindungan (Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Naas).

Kalo mau liat versi lengkapnya bisa download ebooknya disini ya teman teman, judulnya Fikih puasa untuk anak

Sekali lagi, ini hanya referensi, saya pun baru mencoba ini. Kalo mau sama sama, joss langsung meluncur kita Cobain sama sama ya.

1 komentar untuk "Referensi Daily Activity Muslim"

  1. Comment Author Avatar
    Masya Allah, enak banget ya kalo kita bisa taat dgn daily activity yg dibuat kayak gitu. Hidup jadi lebih teratur. Sayangnya, saya mau coba kayak gitu tapi sulit konsisten😊