[Book Review] Senin Bersama Rasulullah

Punya buku ini sudah cukup lama sebenarnya, selalu dibawa selama karantina sebelum masuk kerja. Pertama kali tau buku ini dari Instagram penulisnya langsung bang @Febriawanjauhari, entah sejak kapan saya mengikuti Instagram bang jauh saya pun tidak tahu. pokoknya sudah mengikuti aja haha.

Senin Bersama Rasulullah nama bukunya, pas baru buka bukunya kita bakalan langsung menerima tamparan pembuka “Jika tujuan kita adalah pahala, maka jalan manapun yang mengantarkan ke sana tidak menjadi masalah . Terus pas buka lembaran berikutnya terpampang sub judul “Dari Allah Tentangmu ”. Ehhh kok anu, terus buka lagi, ada lagi sub judul “Sesibuk-sibuknya sibuk”. Wahhh bagian awal saja sudah cukup menggertak iman, apalagi kalo diselesaikan ini.

Tentang Buku

Judul Buku : Senin Bersama Rasulullah
Penulis : Febriawan Jauhari
Penerbit : Magenta Media
Tahun terbit : 2019
Jumlah Halaman : 150
No. ISBN : 9786026744357

Bisa Liat Belakang Bukunya ?

positif bisa, biar tau gambarannya kan mana tau tertarik :). Langsung meluncur blurb buku senin Bersama Rasulullah

Kenapa harus Baca Buku ini ?

Buku Ini bagus sekali untuk dibaca muslim dan muslimah, terutama yang tidak terlalu suka bacaan berat. Isi materi buku ini tentang hadits dan quran yang dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari. Dibahas dengan ringan, mudah dipahami dan begitu menyenangkan untuk dibaca serta insyaallah bisa dibaca dalam sekali berbaring atau sekali duduk hehe. Tapi lebih recommended kalo dibaca berkali-kali untuk menjadi pengingat diri.

yang paling saya sukai dari buku ini adalah kita gak perlu harus menyelesaikan halaman sebelumnya untuk membaca setiap judul yang terpampang pada daftar isinya. Karena setiap judul memiliki pembahasan tersendiri. Misalnya saya bisa baca halaman 11 yang membahas tentang “Terhalang Dari kebaikan” setelah itu saya bisa langsung menuju halaman 69 yang membahas tentang “Aneh Sekali Kita ini” tanpa harus membaca halaman halaman sebelumnya.

Quotes Favorit

Sebenarnya semua kata kata dan kalimat yang ada di buku ini adalah favorit. Karena hampir semua pembahasannya related sekali dengan kehidupan yang dialami. Berikut beberapa quote dari buku Senin Bersama Rasulullah yang siap menampar iman dan taqwa kita.

“Terkadang tugas kita bukan untuk sampai pada tujuan, tapi bagaimana kitab isa mati diatas jalan menuju tujuan tersebut” (Halaman 6)

“Bukankah terhalang dari kebaikan juga termasuk dari hukuman ?” (Halaman 14)

“Banyak yang marah atas sesuatu yang Rasulullah pun marah atasnya, tapi sedikit sekali yang marah atas sesuatu sebagaimana cara Rasulullah marah atasnya” (Halaman 20)

“Betapa banyak ibadah yang sengaja kita tinggalkan hanya karena merasa apa yang sedang kita kerjakan lebih penting. Padahal ibadahlah tujuan kita diciptakan, tapi sayang, tak sedikit pun kita benar benar menganggapnya. Kita lebih memilih dunia. Astagfirullah” (Halaman 55)

Apa yang Kita Dapat Dari Buku ini 

Walaupun beberapa tulisannya menyindir dengan halus. Tapi, buku ini lebih seperti teman yang mengingatkan dan tidak menggurui, kita akan merasa seolah olah sedang diajak bicara. Dengan Bahasa yang sederhana, banyak sekali hal-hal yang bisa menjadi bahan berbenah untuk Kembali mengingat Allah dan mengikuti Rasulullah.

Banyak hal yang dipelajari dari buku ini, misalnya Ketika kita dihadapkan dengan pilihan amalan amalan sunnah, terkadang kita cenderung jarang bahkan tidak melakukannya dengan alasan itukan sunnah, nggak wajib. Padahal dengan begitu berarti kita menjauhi diri kita dari kebaikan yang dijanjikan ibadah sunnah tersebut. Contohnya nggak ngerjain shalat sunnah rawatib (qobliyah atau ba’diyah), artinya kan sama saja kita terhalang untuk memiliki rumah disurga dari jalur ini seperti yang disebutkan di dalam hadist Riwayat muslim. Itu hanya salah satu saja pelajaran yang didapat dari buku ini, salah banyaknya ? langsung check out bukunya :)

Kesimpulan

Buku ini cocok sekali dibaca oleh siapa saja terutama generasi pemuda, karena isinya yang singkat, padat dan jelas. Karena bisa saja di buku ini kita akan menemukan jawaban dari pertanyaan pertanyaan yang terpikirkan, atau minimal buku ini akan mengetuk hati kita yang keras ini barang sedikit saja. Insyaallah, apa saja yang tertulis akan mudah dipahami oleh kita yang masih awam dalam belajar dan memahami ajaran islam.

Semisal teman teman tertarik dengan buku ini, teman teman bisa pesan disini

Buku senin bersama Rasulallah

Demikian review buku Senin Bersama Rasulullah yang agak anu, agak tidak jelas ini haha. Semoga bisa dimengerti dan semoga bisa dipahami

Terima kasih

7 komentar untuk "[Book Review] Senin Bersama Rasulullah"

  1. Comment Author Avatar
    Iya bagus bukunya saya sudah baca hehehe
  2. Comment Author Avatar
    Harus masuk daftar baca segera ini buku, liatin gambarnya kayaknya menarik nih buku. Apalagi katanya bacanya gak harus urut
  3. Comment Author Avatar
    Membaca kutipan-kutipan isinya saja saya sudah merasa tertampar. Memang kebanyakan manusia (saya mungkin salah satunya) terlalu banyak lalai dan ingin untung sendiri ya. Padahal petunjuk kehidupan sudah jelas tertulis dan tinggal dijalani.
  4. Comment Author Avatar
    menarik ya bukunya, kutipan-kutipannya menegur dan mengingatkan dengan halus, tidak kasar
    sesuatu hal yang disampaikan dengan baik akan lebih mudah diterima dibandingkan jika disampaikan dengan cara tidak baik
  5. Comment Author Avatar
    Terima kasih sudah sharing tentang isi buku ini. Semoga bermanfaat bagi siapa saja khususnya pembaca..
  6. Comment Author Avatar
    Alhamdulillah, dengan adanya review seperti ini orang akan tau manfaatnya sebuah buku sebelum memutuskan untuk memilikinya
  7. Comment Author Avatar
    Yups sayapun kadang abai, masih meninggalkan ibadah. Astagfirullah al adzim, semoga bisa lebih baik lagi.