Praktek Kerja Lapangan (PKL) di PT Amman Mineral

Januari 2018, iya bener. Januari 2018, hampir 3 tahun lalu alhamdulillah saya dapat pengalaman yang sangat mengesankan untuk melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di PT. Amman Mineral Nusa Tenggara yang dua tahun sebelumnya masih bernama PT. Newmont Nusa Tenggara.

Dikesempatan ini saya akan sharing mengenai pengalaman saya dalam melakukan Praktek kerja Lapangan di Perusahaan tambang mineral terbesar nomor dua di Indonesia ini.

Persiapan Sebelum PKL

Untuk melakukan Praktek Kerja Lapangan di PT Amman Mineral Nusa Tenggara hampir sama dengan persiapan yang kita lakukan dengan PKL ditempat atau perusahaan lainnya, yang harus kita persiapan yaitu :

  1. Proposal permohonan PKL
  2. KHS terakhir
  3. Surat SKCK dari kepolisian republik indonesia di wilayah
  4. Surat keterangan kesehatan dari dokter
  5. Surat permohonan PKL yang diterbitkan kampus
  6. Biodata diri (CV)

Setelah semua persyaratan sudah siap, semua document tersebut saya masukkan ke dalam map cokelat dengan tujuan PT. Amman Mineral Nusa Tenggara. Oh ya, kalo teman teman ada yang mau PKL kesana juga. Gak harus dimasukkin ke map coklat juga sih haha, teman teman bisa juga kirim ke emailnya PT. Amman Mineral.

Note!
Kirim Proposalnya dua atau tiga bulan sebelumnya ya.Jangan mendekati waktu yang direncanakan pada proposal

Menunggu

Aihhhhh menunggu teroooss, haha. Setelah kita apply ke pihak department Training PT. Amman, biasanya kita akan segera menerima email balasan dari koordinator PKL PT. Amman yang menjelaskan bahwa proposal kita sudah diterima dan akan dipelajari.

Setelah menunggu sekitar dua minggu, tepatnya 31 oktober 2017. Akhirnya mendapat balasan dari admin department training PT Amman mineral disertai lampiran surat balasan yang ditujukan kepada dekan fakultas.


Persiapan Menuju Site Batu Hijau PT. Amman Mineral

Tiga minggu sebelum keberangkatan, semua mahasiswa dari seluruh universitas di Indonesia yang telah diterima untuk melakukan Praktek kerja Lapangan ( PKL ) di PT Amman Mineral akan medapatkan email kembali dari koordinator PKL PT. Amman yang berisi tentang informasi penting mengenai kedatangan ke site batu hijau PT. Amman Mineral Nusa Tenggara.


Intinya pada email tersebut dijelaskan :

  • Tanggal kedatangan kapan
  • Transportasi dan pembiayaanya dari tempat keberangkatan sampai tujuan PKL dan sebaliknya (PP) merupakan tanggung jawab calon peserta PKL kecuali transportasi dari Pelabuhan Kayangan ke Benete (PP) akan difasilitasi boat oleh pihak kami sesuai jadwal yang telah ditetapkan.
  • Membawa Kartu Identitas Diri (KTP atau Kartu Pelajar), juga copy buku no rekening Pribadi.
  • Fasilitas dan akomodasi (meal, transportasi dan penginapan) selama PKL di Batu Hijau akan ditanggung oleh perusahaan
  • Lengkapi laptop saudara/ri dengan plug 3 (colokan 2 ke 3) sesuai dengan standar safety di perusahaan kami.
  • Untuk mempermudah komunikasi, telepon celuller yang tersedia: XL dan Telkomsel.

Poin terakhir paling penting lo ya, karena di site batu hijau gakada jaringan tri, indosat, smartfren, dan lain sebagainya. Pokoknya yang ada Cuma XL dan telkomsel. Tapi yang paling saya rekomdesasikan adalah Telkomsel. Jadi siapkan kartu telkomsel kalian selama di site ya. Biar chat gebetan tetap aman selama di PT. Amman. Hahaha

Welcome to PT. Amman Mineral Nusa Tenggara

Setelah sekitar 1,5 jam perjalanan dari Pelabuhan Kayangan Lombok menuju pelabuhan Jetty PT. Amman Mineral menggunakan fast boat Tenggara satu, akhirnya…Selamat Datang PT. Amman Mineral Nusa Tenggara.

Setibanya disini, kita langsung akan dijemput oleh coordinator PKL dan admin dari department Training PT. Amman Mineral untuk langsung menuju Townsite untuk mengambil kunci kamar.

Sumber : Amman.co.id

Jadi Townsite ini adalah tempat tinggal Karyawan dan keluarga, ketika sedang berada di townsite ini rasanya seperti sedang tidak berada di Indonesia haha.

Fasilitasnya lengkap sekali, mulai dari tempat ibadah, kolam renang, tempat Gym, klinik, supermarket,billiard, lapangan sepakbola, volley, tenis, tenis meja semua ada (ngomongnya kayak mael di upin ipin lagi jualan) haha. Semua bisa kita gunakan gratis dengan satu kartu sakti, ntar kita jelasin kartu saktinya ya.

Safety Induction

Lanjut ya.. :). Setelah selesai mengambil kunci kamar di camp service, kami semua kembali melanjutkan perjalan menuju department Training PT. Amman Mineral Nusa Tenggara untuk mengikut safety induction. Safety induction ini semacam orientasi untuk seluruh peserta PKL. Kita di jelaskan mengenai aturan perusahaan, sejarahnya, dll. Pokoknya dengerin aja. Setelah sudah semua dipaparin, nanti akan ada sesi tanya jawab. Manfaatkan moment ini buat tanya apa yang belum jelas ya. Kalo menurut saya yang paling penting ditanyakan Bus nomor berapa untuk menuju ke lokasi ?, hahaha. Biar gak kesasar

Setelah itu kita akan diantar untuk melakukan foto badge, badge ini kartu saktu yang saya bilang sebelumnya tadi. Berikut penampakannya

kartu sakti (badge) bang Jun, teman sekamar dan sejurusan di Teknik mesin
Untuk menggunakan semua fasilitas yang saya sebutkan tadi, cukup dengan menggesek kartu ini. Jadi kalo mau makan di meshall, berenang di kolam renang, gym, dll cukup dengan satu kartu ini saja, keren sih ini, asli.

Mulai PKL

Dapat badge ? sudah, ikuti safety induction ? sudah. Kalo begitu joss menuju lokasi untuk melakukan Praktek Kerja Lapangan. Kebetulan saya dapat di reliability department process.

Kalo sudah sampai ke lokasi masing masing, saatnya untuk menikmasti setiap capeknya, setiap ngantuknya, setiap gak enakannya, sampai setiap senangnya. Sila dinikmati semua ya teman teman, hahaha.

Sekian cerita tentang pengalaman Praktek Kerja Lapangan (PKL) di PT Amman Mineral Nusa Tenggara, semoga bermanfaat. Jika ada tambahan atau pertanyaan bisa langsung dikomentari ya teman teman. Terima kasih.

23 komentar untuk "Praktek Kerja Lapangan (PKL) di PT Amman Mineral "

  1. Comment Author Avatar
    Anonim 31 Juli, 2022
    kalau boleh tau email buat mengirim proposal pkl di PT Amman Mineral itu apa ya kak?
    1. Comment Author Avatar
      bisa email personal ya kak,
    2. Comment Author Avatar
      Anonim 28 Mei, 2023
      untuk persyaratan magangnya masih sama kah kkseperti yang di atas?
  2. Comment Author Avatar
    halo kak, aku tertarik banget buat magang di sana setelah baca ini. boleh tanya tanya soal internship di amman minerals ga kak??
    1. Comment Author Avatar
      bisa email personal ya, atau bisa juga DM instagram atau ke linked. selamat berjuang teman teman semua
  3. Comment Author Avatar
    permisi kak mau tanya, saya sudah kirim proposal kesana dan email training nya juga namun sampai saat ini belum ada balasan, sudah mau 2 minggu. Jika sudah lewat 2 minggu apakah hal tersebut berarti kita tidak diterima ya kak? Terima kasih kak
    1. Comment Author Avatar
      Nahhh kalo itu saya juga kurang tau. apakah kalo lewat dua minggu itu berarti tidak diterima atau bagaimana. Tapi gakada salahnya sambil menunggu prepare juga ke tempat lain, semangat! :)
    2. Comment Author Avatar
      untuk mengetahui kejelasannya apakah kita boleh menelepon ke nomor perusahaan yang tertera di website tidak ya kak? soalnya peraturan dari kampus saya apabila tidak mendapat surat penolakan dari perusahaan atau apapun tidak boleh apply ketempat lain dulu kak 🙁
    3. Comment Author Avatar
      boleh sekali, coba aja telpon terus coba juga tanya lewat kolom contact us nya (https://www.amman.co.id/contact-us/)
  4. Comment Author Avatar
    boleh share proposalnya min untuk referensi? etikaibtihal@gmail.com
  5. Comment Author Avatar
    Anonim 28 Mei, 2023
    mohon izin bertanya kk, klk magang di PT. AMMAN itu d3 bisa masuk lah kk atau bagaimn?
    1. Comment Author Avatar
      bisa. waktu angkatan saya juga ada yang D3, kami sama sama. coba aja, semangat!
  6. Comment Author Avatar
    Anonim 31 Mei, 2023
    Email untuk ngirim proposal nya apa ya kak?
  7. Comment Author Avatar
    Wiiih.... Baru bulan kemarin di Juli 2023 AMMN melantai di pasar efek. Gokil pergerakan sahamnya. Saya nggak hold lama, dah jual. Sekarang dah hampir bagger kalo disimpen semenjak IPO. Ke sini iseng cari review buku senin bersama Rasulullah eh, skrol bawah baca AMMN 😂
  8. Comment Author Avatar
    kak, apakah ada batas maksimal durasi untuk magang di sana?
    1. Comment Author Avatar
      nahh kalo ini kurang tahu. untuk kami saat itu rata rata durasinya 1 - 2 bulan. Pihak Amman nya juga biasanya akan rekomendasi 2 bulan agar lebih maksimal karena kan minggu minggu awal biasanya masih pengenalan terus minggu terakhir sudah banyak ke ngerjain laporan.
    2. Comment Author Avatar
      kalo 6 bulan boleh ga ya kak? huhuhu T.T
  9. Comment Author Avatar
    Permisi Kak , saya izin bertanya, kira-kira apa yang perlu dipersiapkan setelah diterima disana? Aksesoris magang, seperti Sepatu Safety, Earplug mungkin apakah perlu juga?
    1. Comment Author Avatar
      kalo untuk perlengkapan safety seperti sepatu safety, helm, earplug dan lainnya itu sudah disiapkan oleh pihak perusahaannya. yang perlu dipersiapkan oleh yang akan magang atau PKL cuma yang ada colokan dari dua ke tiga terus kartu kartu identitas sama direkomendasiin untuk pake kartu telkomsel. XL sinyal kurang soal e
  10. Comment Author Avatar
    permisi kak, untuk ig kak apa ya? mau nanya2 soalnya hehe
    1. Comment Author Avatar
      bisa cek di menu about me paling bawah
  11. Comment Author Avatar
    Untuk PKL di kasih uang saku kak? Kalau ya, berapa?
  12. Comment Author Avatar
    Boleh tau ig nya kak untuk coba share contoh proposalnya?