Praktek Kerja Lapangan di PT. Amman Mineral Ngapain Aja ?

Setelah sebelumnya membahas tentang pengalaman praktek kerja lapangan di PT. Amman Mineral Nusa Tenggara, kali ini saya mau share tentang kegiatan selama Praktek Kerja Lapangan di PT. Amman Mineral Ngapain aja. Mungkin banyak perbedaan cerita dengan teman teman yang sudah pernah PKL disana. Namun kali ini saya akan membahas yang saya alami saja :)

#Week 1 - Orientasi

Seperti yang sudah diceritan di postingan Praktek Kerja Lapangan di PT Amman Mineral . Di minggu awal saya dan teman teman mengikuti safety induction. Disini kita di jelaskan mengenai aturan perusahaan, sejarahnya, dll. Pokoknya 2 sampai 3 hari kedepan kita akan di orientasi di department training.

Foto Bersama sebelum di antar ke department masing masing
Kira kira seperti ini rincian kegiatan minggu awal selama Praktek Kerja Lapangan di PT Amman Mineral, mungkin beberapa ada yang berbeda, tapi secara umum sepertinya hampir sama apa yang dilakuin di minggu pertama ini

Hari Ke Tanggal Rincian Kegiatan
1 Senin, 15 Januari · Check in kamar Camp Services
· Pengarahan Training Departement
· Pengenalan Profil PT AMNT
2 Selasa, 16 Januari · Safety Induction
3 Rabu, 17 Januari · Training LOTO level I
· Pembagian APD (Alat Pelindung Diri)
4 Kamis, 18 Januari · Pengenalan dengan karyawan realibility
· Pengenalan area PKL
5 Jumat, 19 Januari · Safety Meeting
· Diskusi Topik Laporan Kerja Praktek
6 Sabtu, 20 Januari OFF
7 Minggu, 21 Januari OFF

Note !

Saran untuk teman teman yang akan PKL disana. Saat minggu pertama, selain kegiatan diatas, usahakan cari tau semua fasilitas yang ada ditempat PKL dan Cobain fasilitasnya haha, contohnya seperti saya dan teman teman, padahal gak pernah ngegym sama sekali, tapi saat disini kami mau nyoba nyoba aja haha. Kemudian nyobain main billiard sampai makan di Basai Ate. Selanjutnya cari perpustakaan, terus cari masjid dimana, kolam renang dimana, pokok semuanya haha.

#Week 2 Sampai 5 - Proses PKL

Biasanya di minggu kedua sampai minggu ke kelima saat praktek kerja lapangan kita akan terjun langsung ke lapangan, yahhhh Namanya juga praktek kerja lapangan haha.


Entah karena beruntung atau memang semestinya PKL seperti itu. Saya dan bang Jun (teman PKL saya) saat praktek kerja lapangan di department reliability PT Amman Mineral ini lebih banyak terjun ke lapangan. Mulai dari inspect, service pompa, compressor, inspeksi di area conveyor sampai melakukan condition monitoring ke berbagai area, dari Swiss sampai primary crusher, jadi sekalian bisa jalan jalan kan haha, Alhamdulillah. Pokoknya di minggu kedua sampai kelima ini kerjaanya ya ikut kerja, apa aja dikerjain pokoknya, walau hanya sekedar liat dan sekedar ikut gakapa apa, yang penting keliatan kerja wkwkw. Syukur syukur kalo langsung turun, beruntung sekali menurut saya kalo itu sih. Jadi bisa belajar hal baru kan.

Note !

Di range minggu ini, maksimalkan untuk banyak ikut ke lapangan, entah sekedar ikut aja atau diminta bantu kerja :). Yang penting kita tau kalo kerja ini ngapain aja kerjaanya. Jangan malu untuk minta ikut ya ! ikut inspect, service, apa apa dah pokoknya atau menawarkan diri membantu lebaik baik, okay !

Kalo ada waktu kosong, manfaatkan untuk cari referensi judul maupun referensi isi dari plan laporan PKL

#Week 6 - Pengambilan Data Untuk Laporan

Kebetulan laporan PKL saya tentang efisiensi pompa. Jadi diminggu keenam ini kami (saya dan bang Jun) mulai untuk melakukan pengambilan data yang diperlukan untuk laporan pkl kami. Misalnya gambar yang dibutuhkan, ukur mengukur dan lain lain.

Note !

Jangan lupa minta data yang diperlukan untuk referensi maupun kelengkapan laporan PKL nantinya, misalnya gambar pompa, spesifikasi alat, dan lain lain. Semakin cepat semakin baik.

#Week 7 - Pembuatan laporan 

Sebenarnya laporan sudah mulai dikerjakan di minggu sebelumnya, hanya saja tidak full kesana, nahh di minggu ketujuh ini pembimbing kami meminta untuk focus ke laporan, walaupun kadang paginya kami minta ikut inspect tapi waktu lebih banyak ke pembuatan laporan.

Hari Ke Tanggal Rincian Kegiatan
42 Senin, 26 Febrauri · Safety meeting
· Pengerjaan Laporan Kerja Praktek
43 Selasa, 27 Februari · Safety Meeting
· Pengerjaan Laporan Kerja Praktek
44 Rabu, 28 Februari · Safety Meeting
· Inspeksi pada roda gigi ball mill
· Pengerjaan Laporan Kerja Praktek
45 Kamis, 1 Maret · Safety Meeting
· Inspect Pompa
· Pengerjaan Laporan Kerja Praktek
46 Jumat, 2 Maret · Safety Meeting
· Pengerjaan Laporan Kerja Praktek
47 Sabtu, 3 Maret OFF
48 Minggu, 4 Maret OFF

Note !

Diminggu ketujuh ini juga manfaatkan untuk asistensi laporan ke pembimbing Lapangan, karena diminggu kedelepan kita harus asistensi laporan ke department training.

#Week 8 - Finishing Laporan 

Di minggu terakhir banget, biasanya kita akan diminta untuk asistensi laporan PKL kita ke department Training, jika ada penulisan yang salah, format yang salah, dan semacamnya. Maka kita akan diminta untuk revisi, dan kalo sudah sesuai tinggal minta approval, setelah approved, selesai. Tinggal tunggu sertifikat dan uang saku selama PKL :).

Itu dia kegiatan selama Praktek Kerja Lapangan di PT Amman Mineral. Kalau teman teman ada cerita atau pengalaman yang berbeda, bisa dishare ya teman teman :)

Semoga bermanfaat dan Semoga diperlancar setiap urusannya teman teman. Terima kasih

Posting Komentar untuk "Praktek Kerja Lapangan di PT. Amman Mineral Ngapain Aja ?"