[Free Pdf] Dzikir Pagi, Dzikir Petang Dan Dzikir Sebelum Tidur Sesuai Sunnah

Berdzikir mengingat Allah adalah salah satu amalan ringan yang dianjurkan di setiap kesempatan, baik itu sedang duduk, berdiri, bahkan berbaring. Namun, dzikir di waktu pagi dan petang menjadi amalan yang sangat dianjurkan dan sudah disebutkan secara jelas di dalam Al Quran.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اذْكُرُوا اللَّهَ ذِكْرًا كَثِيرًا. وَسَبِّحُوهُ بُكْرَةً وَأَصِيل

“Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang,” (QS. Al-Ahzab: 41-42).

Banyak sekali keutamaan yang Allah janjikan bagi hamba-Nya yang senantiasa merutinkan amalan dzikir pagi dan petang sesuai tuntunan Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam. “Gunakanlah waktu pagi dan waktu sore, serta sebagian waktu malam untuk beribadah”. (HR. Bukhari 39).

Apabila kita tidak sempat melakukannya karena kesibukan, maka kita bisa membacanya setelah terbit matahari pagi dan terbenamnya matahari.

Ibnul Qoyim mengatakan, “Zikir pagi dan sore ibarat baju besi. Semakin banyak lapisan lempengnya, senjata tidak akan bisa menembus pemakainya. Bahkan, kekuatan baju besi bisa mencapai keadaan, dimana tombak bisa mental dan balik menyerang orang yang melemparnya.”

Download Dzikir Pagi

Download Dzikir Petang

Download Dzikir Sebelum Tidur

Begitu banyak keutamaan dzikir pagi dan petang yang dianjurkan oleh Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam. Ayok kita sama sama luangkan waktu beberapa menit untuk mencoba merutinkan dzikir pagi, petang, serta sebelum tidur ini semoga hari-hari kita selalu berada dalam perlindungan-Nya.

 

Referensi :

Bacaan Dzikir Pagi
Bacaan Dzikir Petang

Dzikir Sebelum Tidur

Keutamaan Dzikir Pagi dan Sore

Jangan Lewatkan Dzikir Padi Dan Petang, Ini Manfaatnya

Sumber gambar freepik.com

1 komentar untuk "[Free Pdf] Dzikir Pagi, Dzikir Petang Dan Dzikir Sebelum Tidur Sesuai Sunnah"

  1. Comment Author Avatar
    Salam 06 Mei, 2022
    Masyaallah sangat bermanfaat