Air Terjun Agal di tengah Belantara Sumbawa

Agal adalah salah satu diantara sekian banyak pegunungan yang menyimpan potensi yang luar biasa di Kabupaten Sumbawa. Terdapat di Kecamatan Alas, kurang lebih 70 kilometer dari Kota Sumbawa Besar atau 23 kilometer dari Pelabuhan Poto Tano Kabupaten Sumbawa Barat.

# Rute Menuju Air Terjun Agal



Setiba di Alas, kami langsung menghubungi mas Ade, guide lokal disana untuk dapat memandu kami ke jalan yang lurus haha, karena saat sampai Alas kami langsung kebingungan wkwkw. Setelah dijemput mas Ade, kami langsung dibawa kerumahnya untuk istirahat sejenak dan setelah itu kami langsung joss untuk menuju ke air terjun Agal

Setelah sampai di dekat pintu masuk air terjun Agal, kami memarkirkan kendaraan di lokasi parkiran, kemudian perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki ke arah timur menuju Sungai Marante dan menyeberanginya. Oh ya, Hati-hati di saat menyebrang sungai ini selain cukup dalam juga berarus deras.

Setelah menyebrang sungai ini teman teman akan menemukan percabangan jalan setapak, jadi ya…ikuti saja guide nya kalo belum pernah kesini seperti kami haha.

Butuh waktu sekitar 2 jam untuk mencapai lokasi Air Terjun Agal dengan berjalan kaki mendaki dan menuruni jalan setapak yang berbatu dan licin dengan kiri kanan hutan pohon menjulang tinggi yang menyejukkan mata.


# Peraturan Bagi Wisatawan

Dari info yang saya baca di internet banyak yang yang bilang kalo dilarang membawa cat, Pilok atau sejenisnya kesana. Tetapi Ketika kami kesana, kami hanya dihimbau untuk tidak menggunakan baju cerah kesana, karena ada mitos entahlah apa. Kami tidak terlalu mendalaminya :). Pokoknya kalo teman teman kesana menggunakan baju cerah, biasanya nanti akan diminta untuk diganti :).

Kemudian Jika pengunjung membawa makanan atau minuman untuk persediaan selama perjalanan, maka kita akan dihimbau agar sebaiknya setelah makanan dan minuman tersebut dihabiskan hendaknya sampahnya dimasukan ke dalam kantong plastik dan dibawa pulang. Aturan ini dibuat agar tempat tersebut tetap bersih dan tidak ada sampah yang bergeletakan disembarang tempat.

# Welcome to Air Terjun Agal

Anddddddd, Selamat datang di air terjun Agal


semisal teman teman mau kesana, teman teman bisa hubungi mas ade, guidel lokal disana.

Mas Ade

0852 1259 1110

Sekian cerita tentang perjalanan ke air terjun Agal, terima kasih.

2 komentar untuk "Air Terjun Agal di tengah Belantara Sumbawa"

  1. Comment Author Avatar
    air terjunnya berasa seperti di jaman purba
  2. Comment Author Avatar
    Dari dulu liat air terjun tuh berasa magis, ya. Senang banget lihat pemandangannya walau dari jauh ☺