Rumah Baca Bale Maras, bebas Membaca Sebebas Menghirup Udara


Hi! Perkenalkan bale maras namanya, adalah rumah baca yang berada di desa Benete kecamatan Maluk Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat, Negara Kesatuan Republik Indonesia, benua Asia, Planet Bumi. Mantap! haha

Bale Maras Apaan sih ?

Bale Maras berasal dari bahasa Sumbawa yang terdiri dari dua suku kata yaitu Bale yang berarti rumah dan Maras yang berarti menyenangkan. Oleh karena itu Bale Maras dapat diartikan sebagai wadah atau tempat belajar yang menyenangkan khususnya untuk anak anak.

Kenapa ada bale maras ?

UNESCO MENYEBUTKAN Indonesia urutan kedua dari bawah soal literasi dunia, artinya minat baca sangat rendah. Menurut data UNESCO, minat baca masyarakat Indonesia sangat memprihatinkan, hanya 0.001%. Artinya, dari 1,000 orang Indonesia, cuma 1 orang yang rajin membaca!

RISET BERBEDA BERTAJUK WORLD’S MOST LITERATE NATIONS RANKED yang dilakukan oleh Central Connecticut State Univesity pada Maret 2016 lalu, Indonesia dinyatakan menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara soal minat membaca, persis berada di bawah Thailand (59) dan di atas Bostwana (61).

Ironisnya, meski minat baca buku rendah tapi DATA WEARESOCIAL PER JANUARI 2017 mengungkap orang Indonesia bisa menatap layar gadget kurang lebih 9 jam sehari. Tidak heran dalam hal kecerewetan di media sosial orang Indonesia berada di urutan ke 5 dunia.

Tapi Kan itu Penelitiannya udah lama !

Baiklah, yang terbaru Beberapa  tahun lalu The Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) mengumumkan hasil Programme for International Student Assesment (PISA) 2018. Hasil survei Programme for International Student Assessment (PISA) 2018 yang diterbitkan pada maret 2019 lalu memotret sekelumit masalah pendidikan Indonesia. Dalam kategori kemampuan membaca, sains, dan matematika, skor Indonesia tergolong rendah karena berada di urutan ke-74 dari 79 negara. Bagaimana dengan NTB ?  Di Nusa Tenggara Barat (tempat provinsi rumah baca Bale Maras ini berada) Hanya 1 dari 3 siswa kelas awal di SD/MI memahami apa yg dibaca(INOVASI, 2019)

Terus kenapa ada bale maras ?

Okay! Kembali ke jalan yang benar, pertanyaan ini muncul lagi hahaha. Kenapa harus ada bale maras ? salah satu alasan terpentingnya adalah untuk  mengatasi masalah diatas. Semoga bisa ya Allah, Aamiin.

Kegiatan di Bale maras apa aja sih ?


Berarti buat anak anak aja nih ?

Tentu tidak teman teman. Buku bacaan remaja juga banyak kok, lebih banyak daripada buku bacaan anak anak malah (tepok jidat). Dan kegiatan semacam baca puisi bareng, diskusi mau masuk kuliah, nonton bareng film edukasi remaja, dan lainnya. Yaaa walaupun belum maksimal sih, semoga kedepannya bisa lebih maksimal dan ada manfaatnya. Terus kegiatannya apa ?

Terus Tujuannya Nulis tentang ini apa ?

Tujuannya adalah buat kenalin bale maras aja, ehh gak haha. tujuannya adalah buat bahan renungan aja kalo literasi itu ternyata penting sekali apalagi di desa yang jauh sekali dengan perpustakaan daerah yang biasanya ada dikota, terus di perpustakaan sekolah juga kayak agak tertekan gitu rasanya pas mau baca atau lagi baca (buka pengalaman pribadi) haha, dan di desa ketersediaan bukunya juga kurang pake sekali. Jadi tujuannya nulis ini tuh siapa tau ada yang mau sumbangin bukunya maksudnya haha

Oh ya, for your information. Bale maras ini kami inisiasi berempat (Ann, Popy, Jhon dan saya). kalo teman teman mau donasikan bukunya bisa hubungi kita ya, atau bisa DM kita di Instagram @Balemaras_

Terima kasih teman teman.

2 komentar untuk "Rumah Baca Bale Maras, bebas Membaca Sebebas Menghirup Udara"

  1. Comment Author Avatar
    Wah makin tau nih sebutan perpustakan di daerah Sumabawa...ngomong ngomong perpustakaan, jadi keinget diriku sendiri yg sudah jaranh bahkan nggak mengunjungi perpustakaan
  2. Comment Author Avatar
    Wah, keren. Jadi inspirasi buat ibu2 macem saya yang pengen punya perpus tapi terbatas. Salut buat penginisiasinya.. 🤭