6+ Buku Yang habis dibaca Sekali Duduk

Sebenarnya banyak sekali buku yang habis dibaca dengan cepat bahkan dalam sekali duduk, nahh disini kita hanya membahas buku yang pernah saya baca dan saya tahu saja, semisal teman teman punya rekomendasi lainnya, nanti bisa ditambahkan dibawah ya. Berikut buku yang habis dibaca dalam sekali duduk

#1 Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI)  - Marchella FP

Buku ini cocok buat kita kita yang mengalami quarter life crisis, bingung sama karir, kok gak nikah nikah, kerja susah, pas awal kerja rasanya deg degan, dan semua masalah quarter life lainnya.

Kata marchella ide awal ditulisnya NKCTHI ini adalah ada rasa ketakutakan pada dirinya kalo suatu hari punya anak. Dan dia tidak bisa memahami kondisi anaknya di masa itu, karena itu dia menulis pesan untuk dirinya sendiri sebagai pengingat dan suatu hari dia juga bisa memahami anaknya kalo suatu hari anaknya berusia seperti dia (Marchella) waktu dia muda. Tapi menariknya buku ini juga bisa jadi melalui riset di Instagram NKTCHI melalui fitur Q&A. Jadi buku ini bukan hanya tentang marchella sebagai penulis saja tapi tentang banyak rasa.

Salah satu yang paling mengena bagi saya lengkap dengan ilustrasinya adalah…

"Rasa takut sering menang dalam diri ibu, sampai tiba hari pertama untuk melakukan hal baru. Gugup selalu jadi teman"

"Selalu ada yang pertama kali dalam banyak hal"

dan di halaman berikutnya tertulis

Ibu rasa presiden pun gugup dihari pertama dia bekerja"

Pokoknya buku yang berisi quotes lengkap dengan ilustrasi ini gak punya daftar pustaka, gak punya daftar isi tapi masuk kedalam otak dan hati. Yang gaksuka baca bukupun bakalan suka dengan buku satu ini.

#2 Skill With People – Les Giblin

Sebagai makhluk sosial, manusia tidak dapat dipisahkan dari hubungannya dengan manusia lain. Buku Skill with People (2001) ini menjelaskan cara sukses membangun dan menjalin hubungan dengan orang lain. Di dalam buku ini kita akan mempelajari ilmu dan teknik yang dapat kita gunakan untuk menjalin hubungan dengan orang lain agar memperoleh kesuksesan dalam kehidupan keluarga, bisnis dan juga pekerjaan.

Ukuran buku ini kecil, enak sekali dibawa kemana mana, walaupun buku ini keluaran 2001 tapi masih pas dibaca tahun kapan aja. Tampilan bukunya juga enak diliat nggak bikin bosan.

Hal-hal menarik yang kita pelajari dari buku ini banyak, misalnya ; apa kunci utama dalam menjalin hubungan dengan orang lain; bagaimana membuat orang lain merasa penting dan diakui; kenapa kita perlu membiasakan diri untuk menyetujui pendapat orang lain; bagaimana cara membuat seseorang mengatakan “ya”; dan seperti apa cara terbaik untuk memuji dan mengkritik seseorang.

#3 Tidak Ada New York Hari ini – Aan Mansyur

Untuk fans nya Rangga di film cinta, ehh salah. Film “ Ada apa dengan cinta “ pasti bakalan gak asing lagi sama isi dari buku ini. Saya aja baca buku ini serasa jadi rangga hahaha. Buku ini enak sekali dibaca pas lagi santai apalagi sebelum tidur

Kumpulan puisi M. Aan Mansyur ini berisi 31 puisi. Dipercantik dengan ilustrasi, membaca puisi di setiap halaman buku ini jadi terasa lebih menyenangkan. Dibuka dengan puisi yang berjudul Cinta kemudian Tidak Ada New York Hari Ini, kita langsung diajak untuk menyelami perasaan seseorang (atau mungkin diri kita sendiri?) yang jatuh cinta.

Buat teman teman yang merasakan apa yang rangga rasakan di film “ ada apa dengan cinta “, buku ini membantu sekali. Mungkin membantu sekali, iya mungkin.

#4 Senin Bersama Rasulullah – Febriawan Jauhari

Buku Ini bagus sekali untuk dibaca muslim dan muslimah, terutama yang tidak terlalu suka bacaan berat. Isi materi buku ini tentang hadits dan quran yang dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari. Dibahas dengan ringan, mudah dipahami dan begitu menyenangkan untuk dibaca serta insyaallah bisa dibaca dalam sekali berbaring atau sekali duduk. Tapi lebih recommended kalo dibaca berkali-kali untuk menjadi pengingat diri. 

Walaupun beberapa tulisannya menyindir dengan halus. Tapi, buku ini lebih seperti teman yang mengingatkan dan tidak menggurui, kita akan merasa seolah olah sedang diajak bicara. Dengan Bahasa yang sederhana, banyak sekali hal-hal yang bisa menjadi bahan berbenah untuk Kembali mengingat Allah dan mengikuti Rasulullah.

[ Baca : Review Buku Senin Bersama Rasulullah ]


#5 The book of Almost – Brian Khrisna

Buku ini bukanlah sebuah novel dalam artian berisi cerita-cerita dengan banyak tokoh dan berbagai konflik menuju ending yang kadang happy ending kadang sad ending. Nggak, buku ini tidaklah begitu rumit untuk dipahami jika kita mau membaca dengan hati. Jiahhhh haha. Jadi ini buku apa? buku ini adalah sebuah ungkapan hati yang disampaikan dengan begitu lembut hingga yang baca akan merasa bahwa tokohnya adalah dia sendiri.

Sumber : IG @Michellmaryeta

The book of almost, hampir. Sebuah hubungan yang hanya sebatas hampir. Mungkin ini adalah dilema-dilema rasa yang terjebak dalam status friendzone. Mencintai namun tak bisa memiliki, menyayangi namun tak bisa membersamai, hanya dicari saat dia patah hati, dan saat ia telah baik-baik saja ia memilih pergi. 

Kalo teman teman ada di posisi ini apa yang akan teman teman lakukan? Di buku ini penulis menyampaikan semua rasa kecewa, luka, marah hingga kemudian menerima bahwa yang dicinta hanya sebatas singgah sementara. Nggak tau ini cerita asli brian khrisna atau nggak. Pokoknya yang dibahas itudah pokoknya :)

#6 Asbunayah – Pidi Baiq

Sumber : Mizanstore.com

banyak yang bilang ini buku kerupuk. Jumlah halamannya 292. Terlihat mengerikan dengan jumlah halaman hampir 300, tapi setelah membacanya sesuatu yang mengerikan itu perlahan menghilang dengan quotes quotes aneh, nyeleneh dan unik tapi luar biasa maknanya. Misalnya kita akan menemukan yang seperti ini..

Sumber : IG @rarabiah

"Bukan Tuhan yang harus kau cari, tetapi jawaban mengapa kamu bodoh mencari yang sudah bersamamu"

"Jika doa bukan sebuah permintaan, setidaknya itu adalah sebuah pengakuan atas kelemahan diri manusia di hadapan-Nya"

"Di sekolah, mendapat pelajaran dulu, baru ujian. Kalau di kehidupan ujian dulu, baru mendapat pelajaran"

"Mengapa istri harus bisa masak? ini kan Rumah Tanga, bukan Rumah Makan?"

"Aku mencintaimu, biarlah itu urusanku. Bagaimana kamu kepadaku, terserah, itu urusanmu."

"Jangankan aku, para nabi juga ada haters-nya" 

Sepanjang buku ini, kita akan menjumpai quotes quotes semacam ini, jadi 292 halaman yang mengerikan ini bakalan kita lahap dengan cepat bahkan dalam sekali duduk atau bebaring.

#7 Buku quotes dengan gambar banyak

Buku yang berisi kutipan atau quotes dengan ilustrasi pasti lebih menarik untuk dibaca, karena gak membosankan dimata. Terus buku buku yang begini biasanya bisa kita selesaikan dengan cepat, makanya buku buku semisal Kamu Terlalu Banyak Bercanda nya Marchella FP, Buku Minta Dibanting nya Tsana, buku Menjelang Petang nya banggaber, Dear Tomorrow nya Maudy ayunda, dan buku buku dengan banyak gambar atau ilustrasi lainnya. Buku buku semacam ini bahasanya enak dibaca, terus interaktif pula. Dan to the point dengan quotes quotes nya.

#8 Buku Anak anak

Dan terakhir buku anak anak. Kok ? iya seru aja baca buku anak anak, pasti banyak gambarnya terus bahasanya mudah dipahami, sama banyak hal juga yang bisa kita pelajari dari buku anak anak. Misalnya saat kita baca buku kisah sahabat rasul dan buku kisah rasul, jadinya nambah ilmu. Terus waktu baca buku tentang alam semesta, terus buku penemuan penemuan alat itu itu juga seru haha. 

Nah, itu dia beberapa buku pilihan yang mungkin bisa teman teman coba selesaikan baca dalam sekali duduk, daripada scroll mantan calon pacar kan haha.

Sekali lagi kita hanya membahas buku yang pernah saya baca dan saya tahu saja, semisal teman teman punya rekomendasi lainnya, bisa ditambahkan dibawah ya.

Semoga bermanfaat dan terima kasih teman teman.

5 komentar untuk "6+ Buku Yang habis dibaca Sekali Duduk"

  1. Comment Author Avatar
    saya sedang mencari buku-buku bacaan yang ringan kak. Apalagi banyak buku yang bisa relate dengan kehidupan sehari-hari. Terimakasih,
  2. Comment Author Avatar
    Woow keren banget kk. Itu bukunya bagus2 semua
  3. Comment Author Avatar
    Terima kasih untuk rekomendasi bukunya, Kak. Aku tertarik banget buat baca asbunayah karyanya Pidi Baiq
  4. Comment Author Avatar
    Menarik banget kayanya semua list bukunya. Saya sudah baca yang NKCTHI dan memang bagus! Untuk list buku lainnya bisa saya masukin list untuk dibaca. Makasih kak sudah sharing
  5. Comment Author Avatar
    Terima kasih rekomendasinya, tp buat emak2 sekarang udh susah nich bisa habis dalam sx baca, paling buku anak2 karena smbil bacain ke anak 😆