Dear Teman Teman Mahasiswa, Sudah Lakukan ini buat Kurangin Beban Orang Tua ?

Kalo dipikir pikir kuliah lumayan, bahkan banyak menguras biaya dari orang tua kita. Karena bukan hanya uang kuliah semester saja yang harus disisihkan dari tabungan atau gaji bulanannya. Tentu banyak biaya lain mulai dari uang sewa kamar kost, beli buku, hingga kebutuhan bulanan kita yang harus tercukupkan seenggaknya selama 4 tahun. Sebenarnya kita bisa membantu orangtua dengan meringankan biaya kuliah kita sendiri, walaupun tidak menghilangkan beban itu, tapi seenggaknya kita bisa mengurangi beban itu. Nahh buat teman teman mahasiswa, berikut beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengurangi beban orang tua kita selama kuliah...

#1 Pilih Tempat Tinggal

Memilih tempat tinggal menjadi salah satu cara buat kurangin beban orang tua, untuk yang memiliki ekonomi lumayan mungkin ini bukan masalah besar, tapi untuk yang seperti kita ini menjadi krusial apalagi menggunakan anggaran orang tua haha. Pilih tempat tinggal yang sesuai dengan ekonomi kita, bila perlu atau ada kesempatan bisa mencoba untuk tinggal di Asrama Mahasiswa.

(Asrama Mahasiswa Sumbawa Barat – Mataram // Sumber : IG @dwi_irwansyah96) 

Dulu saya pernah mencoba untuk tinggal di Asrama mahasiswa Daerah, dan benar benar hemat memang, dalam kasus saya ini saya hanya membayar iuran listrik dan air saja per bulannya. Atau cara lainnya bisa juga dengan mengambil 1 kos untuk diisi berdua, jadi bayarannya bisa dibagi dua hehe. Jadi kalo ada kesempatan teman teman bisa tinggal di asrama, kalo pun tidak ada kesempatan pilih tempat tinggal yang sesuai dengan ekonomi kita atau memilih hidup berdua. Ehhh berduanya jangan dengan yang bukan mahrom nya ya haha.

#2 Buat Kartu Perpustakaan

Membeli buku bisa menjadi salah satu penyebab tidak makannya kita diakhir bulan, atau menjadi penyebab menelponnya kita ke Menteri keuangan keluarga untuk memberi tahu kalo anggaran kita sudah habis, behh bahasanya haha. Nahh kalo sudah gitu, artinya kan kita sudah menambah beban orang tua, walaupun orang tua kita gak pernah merasa terbebani. Tapi alangkah baiknya kalo uang yang kita gunakan untuk membeli buku itu kita gunakan untuk bertahan hidup. Terus bukunya gimana?

Kita coba hunting buku ke perpustakaan teman teman, baik itu perpustkaan daerah, perpustakaan fakultas, perpustakaan universitas dan perpustakaan lainnya yang bisa dimanfaatkan. Nahh karena itu membuat kartu perpustakaan itu bisa menjadi Langkah kecil untuk mengurangi beban orang tua kita.

#3 Daftar Wifi Kampus

Berikutnya adalah mendaftar wifi kampus, yap betul sekali. Mendaftar wifi kampus!, dengan mendaftar wifi kampus ini kita bisa menghemat biaya paket data kita, lumayan kan yang biasanya beli paket 3 kali sebulan bisa jadi setelah memanfaatkan wifi kampus menjadi sekali sebulan. Jangan lupa daftar wifi kampus ya teman teman, biar pengeluaran untuk paket data bisa dikurangi sedikit.

#4 Cari Info Beasiswa

Jujurly, yang keempat ini membantu sekali. Per semester ataupun pertahun kita dapat subsidi anggaran yang lumayan dari pihak selain orang tua kita. Nahhh ini saatnya buat teman teman bisa beli buku, beli baju dan lain lain haha.

Banyak sekali beasiswa yang menanti teman teman, mulai dari beasiswa dari pihak swasta kayak Djarum, Pertamina, Beasiswa PT Amman Mineral, Beasiswa Bidikmisi, sampai beasiswa yang ditawarkan oleh Pemerintah Daerah. Pokoknya kurangin malas buat ngurusin beginian ya teman teman, karena kebanyakan teman semasa kuliah dulu waktu diajakin urus beasiswa bareng, kadang jawabannya malas karena repot urus ini itu. Terus belum tentu lolos lagi, katanya. Percayalah teman teman, seenggaknya kalaupun kita nggak lolos kita sudah tau prosesnya seperti apa. Jadi kalo ada yang nanya, ada info bermanfaat yang bisa kita bagi. Semangat teman teman! Yang rajin cari info beasiswa dan apply beasiswanya ya :). Pokoknya cari sebanyak mungkin info beasiswa dan apply semua beasiswa yang memenuhi syarat. Semoga sukses teman teman.

#5 Ikut Lomba dan Kerja

Salah satu hal yang gak pernah saya lakukan dan saya sesalkan selama kuliah adalah tidak pernah mengikuti lomba menulis dan lomba lainnya yang di khususkan untuk mahasiswa. Dan semoga penyesalan yang sama ini nggak dialami teman teman disini. Bayangkan kita melewati kesempatan untuk belajar menulis atau belajar hal lain yang dilombakan dan tidak kala penting lomba lomba ini pastinya akan menambah anggaran belanja kita jika kita berhasil juara, lumayan kan sebenarnya. Untuk teman teman, dicobain ya kalo ada kesempatanya lombanya, karena banyak manfaatnya. Jangan seperti saya.

Berikutnya kalo ada kesempatan kerja yang nggak mengganggu kuliah juga langsung dicoba, misalnya dulu saya pernah mencoba jadi asisten laboratorium di kampus, walaupun bayarannya gak sampai berjuta tapi kita dapat bahagia, dapat upah dan kurangin beban orang tua. Catatannya adalah jangan sampai mengganggu kuliah ya teman teman.

#6 Manfaatkan KTM untuk Dapat Diskon

Ini sering sekali kita lihat kan haha, “Khusus pelajar dan mahasiswa dapatkan diskon bla bla bla”. Nahhh ini juga jangan sampai yang kemahalan, sesuaikan dengan ekonomi kita pokoknya. Jadi jangan sampai Kartu Mahasiswa nya hilang teman teman, biar bisa dimanfaatin untuk promo dan diskon haha

#7 Puasa Senin Kamis dan Ayyamul Bidh

Sambil menyelam, tenggelam. Ehh salah. Sambil menyelam, minum air. Ibadah nya dapat, hematnya juga dapat kan :). Apalagi yang masih jomblo, sangat ditekankan untuk banyak berpuasa seperti sabda rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

“Wahai golongan pemuda, siapa yang mampu menikah, maka menikahlah, karena sungguh hal itu lebih dapat menundukkan pandangan dan lebih dapat menjaga kemaluan, dan siapa yang tidak mampu (menikah) maka hendaklah ia berpuasa, karena itulah pengendali baginya.” (H.R. Al-Bukhari).

Kalo teman teman butuh kalender puasa untuk 2022 bisa kesini teman teman Kalender Islam Tahun 2022 Lengkap dengan Penanda Puasa Sunnah dan Wajib

Sekian untuk pembahasan tentang “Hal yang bisa kita lakukan untuk mengurangi Beban Orang Tua”. Kalo ada tambahan, bisa ditambahkan dibawah ya teman teman.

Semoga bermanfaat, terima kasih. 

Posting Komentar untuk "Dear Teman Teman Mahasiswa, Sudah Lakukan ini buat Kurangin Beban Orang Tua ?"