Buat Kita Yang Masih Malas Membaca

Buat kita biasa geser geser layar handphone ke kiri kanan, atas bawah buat ngisi waktu luang, kalau disuruh baca buku pasti akan ada rasa menolak didalam diri. Berbisik “ Enakan baca status dan story orang “ haha.

Kenapa ya kita malas gini. Padahal kalo kita liat orang orang sukses semuanya selalu meluangkan waktu untuk membaca buku. Mark Zuckerberg misalnya, setidaknya selalu membiasakan diri membaca satu buku setiap dua minggu sekali

Terus berikutnya Bill Gates. Sama seperti mark, Bill Gates juga punya kebiasaan membaca buku, bedanya mantan CEO Microsoft ini membaca seenggaknya 50 buku per tahun. Berarti kalo kita hitung ( 365 Hari : 50 Buku = 7,3 ), kalo kita bulatkan itu artinya Bill Gates membaca kira kira satu buku setiap minggunya.

Suatu hari Abdullah bin Amr bertanya kepada Rasulullah SAW. “Wahai Rasulullah dalam berapa hari aku boleh mengkhatamkan Al-Qur’an. Beliau menjawab, “Dalam satu bulan.” ‘Abdullah menjawab, “Aku masih lebih kuat dari itu.” Lantas hal itu dikurangi hingga Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam menyatakan, “Khatamkanlah dalam waktu seminggu.” ‘Abdullah masih menjawab, “Aku masih lebih kuat dari itu.” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas bersabda, “Tidaklah bisa memahami jika ada yang mengkhatamkan Al-Qur’an kurang dari tiga hari.” (HR. Abu Daud no. 1390 dan Ahmad 2: 195. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Point utama yang ingin kita ambil dari cerita Abdullah bin Amr diatas adalah betapa besarnya minat baca sahabat Rasulullah yang bahkan setelah Rasulullah berkata demikian, beliau (Abdullah Bin Amr) mengkhatamkan alquran setiap tiga hari sekali , masyaallah.

Terus kita Yang Masih Malas Baca ini Gimana ?

Nahhh, buat kita yang masih merasa malas kalau mau baca buku, Cuma semangat beli atau semangat liat covernya aja. Kita coba sama sama yok! Beberapa Tips buat kita yang masih malas membaca. Let’s dive in!

#1 Mulai Dari Masalah

Lagi galau diputusin ayang? terus lagi ragu sama diri sendiri, mau hijrah tapi gaktau darimana dan masih banyak masalah masalah lainnya. Coba cari buku yang bisa ngasih solusi akan hal itu.

Ada kok yang bahas. Coba aja cuci mata sekali sekali ke Gramedia atau toko buku lainnya, atau kalau seperti saya yang tinggal didesa coba aja cari bukunya di marketplace semisal shopee atau Tokopedia, pasti ada.

#2 Buat Target Yang Masuk Akal

Misalnya membaca 10 halaman atau 20 halaman per hari. Atau bisa juga kita pake waktu, misalnya 15 menit sampai 30 sehari. Baca sebentar aja gakapa apa kan, yang penting rutin. Jadi kita ngebayangin kalo kita sedang berinvestasi kepada diri kita sendiri selama 15 sampai 30 menit itu.

#3 Tentukan Waktu Tertentu

Nahh berikutnya kita coba menentukan waktu kita untuk membaca, misalnya setelah shalat subuh, atau sebelum tidur. Atau bisa juga di waktu waktu lainnya, tapi kita coba konsisten sama waktu itu.

#4 Bawa Buku Kemanapun

Lagi dibus atau lagi nunggu antrian apa gitu langsung keluarkan buku yang kita bawa untuk menemani kita. Jadi Ketika yang lain lagi liat video cewek joget joget di tiktok kita sedang meninvestasikan waktu kita untuk sesuatu yang insyaallah berguna.

#5 Paksakan

Minat baca itu hanya bisa ditumbuhkan kalo memang itu dibiasakan. Kalo katanya mbak Najwa Shihab membaca itu adalah keterampilan yang harus dilatih seperti marathon, semakin sering kita lari, semakin kita suka, semakin kuat daya tahan tubuh dan semakin jauh jarak yang bisa ditempuh. Membaca juga seperti itu, awal awalnya harus kita coba paksakan. Karena kalo kita sudah coba paksakan insyaallah nantinya akan jadi terbiasa, kemudian jadi kebutuhan dan akan jadi kenikmatan, semoga :)

Itu beberapa tips Buat Kita Yang Masih Malas Membaca, kalo teman teman punya tips lainnya bisa ditambahkan ya. Oh ya sebelumnya “selamat merayakan hari Buku Sedunia teman teman”.

Semoga bermanfaat dan Terima kasih teman teman.

8 komentar untuk "Buat Kita Yang Masih Malas Membaca"

  1. Comment Author Avatar
    Waduh... kena nih... Saya paling malas baca buku... paling baca... artikel blog saja seperti ini...
  2. Comment Author Avatar
    saya sependapat dengan tulisan artikel ini,

    kebiasaan membaca buku saat ini dikarena kultur pendidikan yang mengakomodir ketersediaan buku-buku yang beragam semakin berkurang.. kita liat saat ini, lebih banyak orang yang menyediakan spot wifi dibandingkan toko buku murah..

    padahal membaca buku, lebih sehat lho dibandingkan meliat gadget.
    efek sampingnya bagi kehidupan manusiawi kita, kemampuan motorik dan fisik kita jadi ikut menurun akibat pengaruh globalisasi informatika lewat gadget.. tidak salah emang, tapi itu ironi yang kita hadapi..

    memaksakan kita untuk membaca buku? sebagian orang sudah tidak menganggapnya relevan, tetapi kembali ke pribadi kita aja, manfaat mana yang mau kita ambil..

    terimakasih telah berbagi informasinya ya.. silahkan mampir juga ke blog saya tegaraya.com
  3. Comment Author Avatar
    Betul mbak paksa paksa diri sendiri buat mau membaca, percuma dong suka nulis tapi nggak mau baca...misalnya saat ngantri di bank daripada scrolling ig tik tok mending bawa buku buat baca baca
  4. Comment Author Avatar
    Aku suka baca buku, cuma tergantung jenis bukunya. Sekarang buku sudah bsa diakses dalam bentuk e-book yang lebih praktis katanya. Bagi aku, malah kurang ngena gitu iya baca buku tapi bukan dalam bentuk buku. Nampaknya aku harus lebih rajin lagi seperti dulu baca bukunya. sekarang udah males aja bawaannya.
  5. Comment Author Avatar
    Saya termasuk pembaca yang dimulai dengan masalah. Sampai menyadari buku buku saya adaaah cerminan masalah yang pernah saya hadapi hahaha
  6. Comment Author Avatar
    Thanks kak sudah berbagi tips untuk bisa mulai membaca buku. Aku juga mulai menargetkan tiap hari setidaknya harus baca minimal satu halaman, tapi kadang masih suka terlewat :D emang perlu konsistensi dalam melakukan hal ini
  7. Comment Author Avatar
    Tips terakhir ini paling berat. Memang bener kebiasaan baik itu harus dipaksakan untuk dilakukan
  8. Comment Author Avatar
    Saya kalau mulai malas membaca atau melakukan sesuatu, selalu kembali ke prinsip kaizen. Nggak papa hari ini cuma dikit atau sebentar, besok nambah lebih lama dikit ya... begitu terus hhehe