Cuma Sehari di Sumbawa Barat, Bisa Wisata Kemana aja ?

Gelombang laut nan biru
Ombak putih bekejaran
Menghempas ke pinggir pante
Bagaikan berdendang ria
Menyambut parawisata
Mengucap salam bahagia
Welcome To Indonesia
Selamat
Datang
Saudaraku . . . .

Begitulah bunyi sakeco pariwisata KSB yang menjadi lirik dalam promosi wisata di Sumbawa Barat. Dan benar adanya memang lirik dalam sakeco terebut, karena disepanjang Sumbawa Barat begitu banyak pantai ataupun tempat wisata yang bisa kita kunjungi.

Tapi masalahnya kalo kita Cuma punya waktu satu hari gimana ? Okay! Kalo teman teman hanya punya waktu sehari untuk berkunjung ke kabupaten di Barat Pulau Sumbawa ini, teman teman bisa coba mengunjungi 8 tempat ini sekaligus hanya dalam waktu satu hari. Joss langsung meluncur..

#1 Poto Batu

Perjalan kita mulai dari pantai Poto Batu. Pantai ini tepat berada di pinggir jalan dan hanya ditemput sekitar 10 menitan saja dari Taliwang (Ibukota Kabupaten Sumbawa Barat). Menurut saya gakada yang benar benar spesial sih dari pantai ini selain batu berlubangnya itu, pasirnya pun berwarna hitam. Tapi namanya pantai, suara ombak dan hembusan anginnya setidaknya selalu bisa menjadi obat penenang untuk kita.

#2 Pantai Jelenga

Photo by Magaparangnews
Photo by Amman Mineral
Setelah sudah singgah di Poto Batu, kita langsung joss ke Jelenga. Salah satu pantai pasir putih indah yang ada didaerah ini. Dan daya Tarik untuk wisatawan khususnya mancanegara dipantai ini adalah ombaknya. pantai jelenga ini biasanya di gunakan untuk bermain selancar.

Tapi kalo teman teman nggak bisa bermain selancar teman teman bisa bersantai-santai menikmati angin sepoi-sepoi di pinggir pantai sambil duduk di Gazebo yang berjejer sepanjang pantai jelenga, atau teman teman bisa berjalan menikmati ombak menyapu jejak kaki di pantai pasir putih ini.

#3 Air Terjun Kalela

Setelah mungkin sedikit lelah diperjalanan mengunjungi dua pantai tadi. Perjalanan kita lanjut ke tempat indah berikutnya. Air terjun Kalela namanya atau biasa disebut juga air terjun Jereweh. air terjun ini bagus sekali, serius. Airnya berwarna tosca dan mandi disini akan membuat perjalanan kita yang sudah kita mulai dengan dua pantai tadi menjadi lebih segar, Cobain kalo gak percaya :)

#4 Pantai Benete

Ini pantai yang dekat sekali sama tempat tinggal saya, jujur kalo datangnya siang kurang bagus sih menurut saya karena pasirnya hitam dan masih kurang fasilitas wisata juga. Nahh paling recommended kalo mau kepantai ini Pagi atau menjelang matahari terbenam.

Photo by IG @abdurrohman_hd
tempat ini menjadi salah satu tempat untuk memotret sunset yang berbeda. Karena senja di sini diwarnai kerlip lampu power plant PT Amman Mineral. Selain juga tampak kapal yang bepergian dan berdatangan.

#5 Pantai Maluk

Pantai ini masih satu kecamatan dengan pantai Benete, beda desa saja. Dan untuk kepantai ini dekat sekali dengan jalan raya, akses jalannya pun mudah.

Pantai Maluk terletak di sebuah desa di Sumbawa Barat. Tepatnya di Desa Maluk, Kecamatan Jereweh, Kabupaten Sumbawa Barat.Tak terlalu jauh dari pemukiman. Jadi banyak menjadi tujuan wisatawan lokal. terdapat luamayan tempat makan juga di tepi pantai.

Air laut yang biru kehijauan dan pasir putih yang menghampar di depan mata. ini favorit sih kalo menurut saya, terus kalo teman teman mau kulineran, ada banyak makanan khas sumbawa disini ataupun sekedar menikmati kelapa muda dipinggir pantai juga bisa.

Kalo butuh tempat yang sangat tenang juga teman teman bisa tinggal jalan menyusuri garis pantai ini dan mencari tempat sepi dari keramaian untuk menikmati suara pantai.

#6 Pantai Lawar

Photo by atourin.com
Untuk mencapai lokasi pantai Lawar, teman teman hanya perlu menempuh sekitar 1 km dari jalan utama Sekongkang, tepatnya pertigaan di depan kantor camat Sekongkang. Kondisi jalannya pun sudah bisa diakses oleh kendaraan roda dua dan roda empat.

Belum puas sama pantai maluknya ya? Tapi kan kita Cuma punya waktu sehari haha. Kalo gitu kita lanjut ke pantai indah berikutnya, ini indah sekali sih ini. Pantai Lawar Namanya berada di kecamatan sekongkang.

Dulu Berada dipantai ini berasa sedang terdampar di pulau tak berpenghuni, sepi, sunyi, kesukaan saya sekali. Tapi sekarang sudah ramai wisatawan mancanegara disana karena sudah ada penginapan dengan restaurant nya juga. Tapi , tapi nih. walaupun gitu ini gak ngaruh juga sih sama keindahan pantainya, pantainya selalu menawan.

Sebenarnya dengan adanya penginapan disana semakin bagus sih untuk pariwisata sumbawa barat khususnya di kecamatan sekongkang. Tapi, yahh tapi teross haha. Tapi kan setiap kita beda beda, ada yang suka ramai bisa makan di resto nya sekalian ada yang memang suka sepi sunyi nya. pokoknya jangan lupa kesini kalo berkunjung ke sumbawa barat ya :)

#7 Pantai Rantung / Baha Baha

Berada segaris pantai dengan Pantai Tropical yang sudah cukup terkenal di Kalangan wisatawan, pantai ini memperlihatkan kita pemandangan dengan hamparan pasir putih yang indah dan ombak yang bergulung-gulung.

Bagi teman teman yang ingin menikmati pantai indah dengan suasana yang nyaman dan lumayan sepi, pantai ini bisa menjadi salah satu tempat yang tepat.

#8 Pantai Trophy

Photo by Tropicalbeachresort
Ombak khas pantai selatan yang menggulung-gulung menjadi magnet lain bagi wisatawan domestik atau mancanegara penggila surfing. Nggak heran kalo di pantai ini teman teman akan berpapasan dengan banyak wisatawan lengkap dengan papan selancarnya.

Untuk sampai di lokasi ini, sangat mudah. Pantai Tropical nyaris berada di pinggir jalan utama.teman teman hanya perlu belok sedikit saja di perempatan sebelum bandara sekongkang.

Dari Pantai Pasir Putih ini kita dapat melihat keindahan alam Pantai Selatan Sumbawa Barat. Teman teman bisa menikmati keindahan alam pantai ini sambil berjalan atau hanya sekedar duduk santai di atas pasir putih. Atau kalo mau, dipantai ini juga terdapat hotel + restaurant tempat teman teman bisa mengisi energi Kembali sebelum Kembali setelah seharian pergi.

itu tadi 8 tempat yang teman teman bisa kunjungi hanya dalam waktu satu hari di Sumbawa Barat. Gimana? Sudah siap sehari joss 8 lokasi ini ? atau ada yang sudah pernah kesini malah?

6 komentar untuk "Cuma Sehari di Sumbawa Barat, Bisa Wisata Kemana aja ?"

  1. Comment Author Avatar
    Wow! Keren2 banget ya tempat yang bisa dikunjungi dalam sehari di sana 🤩 btw saya belum pernah ke sana lho
  2. Comment Author Avatar
    Whoaaa pantai selalu menarik diri saya untuk kembali. Seru banget yaa wisata di sumbawa barat. Semoga nextnya bisa kesini. Thanks yaa kak sudah sharing! Bisa mampir ke blogku jugaa :)
  3. Comment Author Avatar
    wow.. keren bgt lokasi wisatanya.. banyak menawarkan spot-spot Seni Fotografi Landscape..

    dan kegiatan wisata seperti ini juga menambah koleksi fotografi kita bertema Fotografi Travelling

    terimakasih telah berbagi informasinya ya.. silahkan mampir juga ke blog saya tegaraya.com
  4. Comment Author Avatar
    Makasih sharingnya. Bermanfaat banget buat kami sekeluarga jika liburan ke sana :) ☕☕
  5. Comment Author Avatar
    masyaAllah bagusnya kak, terima kasih informasinya ya, semoga bisa berkunjung ke sana suatu hari
  6. Comment Author Avatar
    MasyaAllah indah banget pantai-pantainya. Terima kasih sharingnya, bisa jadi referensi nih.