Intip Bukit Pantai Benete, Bukit Indah dari Baratnya Sumbawa

Ada yang bilang ini Bukit Kenat, ada juga yang bilang ini Bukit Nasu. Tapi saya lebih suka menyebutnya bukit pantai Benete. Kenapa ? gakada, ya suka aja haha. Pokoknya tempat ini the best lah, haqqul yakin hanya beberapa orang yang pernah kesini, yakinnya sejak postingan ini yah haha, gaktau beberapa waktu kedepan.

Dari bukit ini, kita bisa dapat paket komplit menikmati sunset dan sunrise di tempat yang sama. Kemudian kita juga bisa menikmati gemerlap lampu power plant PT Amman mineral dan lampu lampu rumah di sekitarnya dengan seksama dan dalam keindahan yang seindah indahnya :)

Bukit Pantai Benete, Let’s go!

Lokasi Bukit Pantai Benete berada di Dusun Pantai Benete, Desa Benete Kecamatan Maluk Sumbawa Barat. Membutuhkan waktu kira kira 1,5 jam perjalanan dari Pelabuhan Poto Tano. Dan Untuk sampai ke bukit ini kita harus menyusuri pinggir pantai teluk Benete.

Teman teman dapat menggunakan berbagai macam moda transportasi umum maupun pribadi untuk kesini. Kalo mau pake transportasi umum teman teman bisa menggunakan Damri atau Sekongkang Trans atau bisa juga menggunakan kapal cepat Tenggara satu dari Pelabuhan Kayangan menuju Poto Tano, kemudian perjalanan bisa dilanjutkan menggunakan travel.

Waktu berkunjung ke bukit ini bisa setiap saat. Namun sebaiknya teman teman menghindari mendaki bukit saat musim penghujan, karena kondisinya cukup licin. 

Januari sampai April kita akan mendapati bukit ini penuh dengan rumput dan pohonan hijau yang terbentang begitu subur. Sejauh mata memandang, rerumputan itu akan membuat penglihatan kita terasa segar.

Yang agak kerennya, di musim kering Bukit Pantai Benete tetap menyimpan keindahan dari pemandangan tanah kecoklatan di sela-sela rerumputan yang mulai mengering. Yahhh keren itu subjectif kan ya, haha.

Bisa Ngapain Disini ?

Setiap orang tentu memiliki cara tersendiri untuk menikmati keindahan alam. Semisal teman teman berkunjung ke sini, teman teman bisa melakukan beberapa aktivitas menyenangkan berikut ini:

Mendaki

Karena ini adalah bukit, sehingga ostosmastis tempat ini cocok dijadikan spot pendakian dan enaknya medan pendakian Bukit Pantai Benete ini tergolong cukup mudah untuk dilalui, yahhh walaupun nggak mudah mudah sekali sih haha. Kalo jalannya pelan sekita 1 sampai 1,5 jam lah. Gak nyampe seharian insyaallah :)

Disamping itu, pemandangan laut yang mengagumkan akan menjadi background utama pendakian yang tak terlupakan.

Menyaksikan keindahan Gemerlap lampu dan Pantai Batu Layar yang Biru

Dari posisi yang lebih tinggi keindahan gemerlap pancaran lampu dari power plant milik PT. Amman Mineral dan rumah sekitarnya akan terlihat dengan sangat jelas didepan mata.

Begitu juga dengan air laut dari Pantai Batu layar begitu jernih kebiruan ikut menyempurnakan pemandangan luar biasa ini.

Take foto instagramable

Mengabadikan momen di Bukit Pantai Benete ini tentu tidak boleh dilewatkan. Di sini ada banyak sekali spot foto yang dijamin instagramable.

Pada dasarnya, semua sudut Bukit ini sangat indah dan dapat dijadikan background foto yang bagus. Jadi, silahkan cari angle terbaik versi teman teman semua.

Camping

Aktivitas menyenangkan lainnya yang bisa teman teman coba di Bukit Pantai Benete adalah berkemah alias Camping. Bukit ini memiliki suasana yang menyenangkan dan menenangkan di setiap waktu, terutama malam dan pagi hari.

Di sini teman teman bisa mengajak keluarga atau teman untuk menyaksikan keindahan gemerlap bintang diatas langit dan gemerlap lampu dibawah bukit.

Melihat Matahari Terbit dan Terbenam

Setelah sudah merasakan dinginnya udara dengan gemerlap bintang diatas dan bawah bukit. pagi harinya kita akan disambut oleh sejuknya rerumputan yang basah oleh embun lengkap dengan Bau khas tanah dan rumputnya serta matahari terbitnya yang menyegarkan jiwa.

Sebagian besar kita akan setuju kalo momen paling tepat untuk mengunjungi pantai adalah saat mentari terbit dan terbenam. Karena pada saat itu pancaran warna jingga dan orangenya langit berpadu dengan sempurna. Dan disini, paket komplit sunset dan sunrise di tempat yang sama bisa kita nikmati.

Bonus Dapat Buah ini !

Oh ya, kalo sudah naik jangan lupa turun ya man teman haha

Sekian sedikit ulasan tentang Bukit Pantai Benete. Jadi kapan nih kesini ?

9 komentar untuk "Intip Bukit Pantai Benete, Bukit Indah dari Baratnya Sumbawa "

  1. Comment Author Avatar
    Tempat-tempat di Sumbawa ternyata keren2 yaa! Rencananya agustus nanti mau kesini, semoga bisa datang ke lokasi ini. Bisa saya contact juga kali yaa kak untuk nanya2 tentang wisata disini hihi
  2. Comment Author Avatar
    Nikmatnya memandang sunset dan sunrise. sungguh indah ciptaan tuhan
  3. Comment Author Avatar
    Destinasi yang wajib banget nih masuk list buat dikunjungi setelah masa pandemi. Thanks kak buat sharing informasinya
  4. Comment Author Avatar
    MasyaAllah tempatnya cantik banget. Kalau liat konten-konten seperti ini berasa pengen liburan... hehe. Semoga kapan-kapan bisa datang ke sana.
  5. Comment Author Avatar
    MashaAllah, indahnya Bukit Pantai Benete di Sumbawa.
    Bisa camping juga dan menikmati sunset yang indah.
    Bawa peralatan camping sampai makanan lengkap berarti yaa..?
    1. Comment Author Avatar
      iya betul kak, gakada yg jualan diatas soalnya haha
  6. Comment Author Avatar
    MashaAllah, indah sekali yaa 😍😍😍, semoga diberikan rejeki dan kesempatan berkunjung kesana bersama keluarga, Aamiiinnn
  7. Comment Author Avatar
    Sumbawa emang keren. Insya Allah ada rencana ke sana. Makasih sharingnya.
  8. Comment Author Avatar
    masyaallah bagusnya, jadi ingin kesana menikmati keindahan alamnya, smeoga diberi kemampuan dan kesempatan untuk datang kesana