Program Kerja Tabungan Qurban : Ibadah Qurban Terencana dan Semakin Bermakna

ini program Bank mana ? Bukan! ini bukan dari bank tapi dari Remaja Masjid. Awal mencetuskan ide program tabungan qurban di desa tempat saya tinggal, ketika mendengar tabungan qurban sebagian orang mengira kalo ini adalah program dari bank yang ada disekitar desa kami padahal ini adalah salah satu program kerja Remaja masjid Baiturrahim desa Benete waktu itu.

Berawal Dari satu ekor Sapi

Ide program ini kami mulai 2020, dan yang melatar belakanginya adalah adalah setahun sebelumnya tepatnya 10 Dzuhijjah 1440 Hijriyah. Tahun 2019 masehi itu di desa kami hanya mengurbankan 1 ekor sapi, SAJA. Iya saja, dan itupun bantuan dari salah satu perusahaan swasta yang beroperasi di sekitar desa tempat tinggal kami. 

Karena itulah di tahun berikutnya Remaja masjid membuat program kerja yang umumnya kami namakan "Tabungan Qurban" dan setelah didiskusikan akhirnya menjadi QUBAH (Qurban Benete Berkah).

Tentang Tabungan Qurban

Tabungan qurban ini adalah salah satu program atau kegiatan dalam mempersiapkan ibadah qurban setahun kedepan. Program ini bekerja dalam penyediaan hewan qurban supaya makin banyak muslim yang tertarik untuk melakukan ibadah qurban. Peserta hanya perlu menyisihkan sebagian uangnya setiap hari atau setiap minggu atau setiap bulannya untuk melakukan qurban.

QUBAH (Qurban Benete Berkah)

Pada intinya kami memiliki keyakinan bahwa banyak orang baik dan mampu di lingkungan kita Karena itu qubah ini menjadi media untuk persiapan qurban lebih maksimal di tahun berikutnya.

Semisal teman teman mau membuat program kerja serupa semoga ini bisa menjadi referensi bersama. 

Tujuan Tabungan Qurban

  • Ibadah qurban terasa lebih ringan dengan cara menabung
  • Merencanakan qurban sejak dini
  • Berqurban secara maksimal
  • Belajar mewujudkan niat qurban

Paket Qurban

Paket tabungan qurban Qubah ini dibagi ke dalam 4 paket



Paket 1 : Sapi untuk satu orang dengan estimasi harga sapi 14 juta/ekor

Paket 2 : Kambing untuk satu orang dengan estimasi harga kambing 2,5 Juta/ekor

Paket 3 : Sapi untuk tujuh orang dengan estimasi harga 14 juta/ekor. artinya satu peserta menabung sebesar 2 juta.

Paket 4 : ini paket spesial sih ini, kita namakan Sedekah qurban. Kenapa sedekah ? karena asalnya adalah jumlah yang bisa ditabung bebas berapa saja dan nanti akan dikumpulkan sehingga bisa membeli hewan qurban. biasanya yang ikut itu satu RT atau satu dusun gitu. dan jatuhnya memang bukan ibadah qurban. alasannya adalah dibawah ini

Dasar penentuan paket Qurban

”Pada masa Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam ada seseorang (suami) menyembelih seekor kambing sebagai qurban bagi dirinya dan keluarganya.” (HR. Tirmidzi dan beliau menilainya shahih, lihat Minhaajul Muslim, 264 dan 266)

Seekor kambing hanya untuk qurban satu orang dan boleh pahalanya diniatkan untuk seluruh anggota keluarga meskipun jumlahnya banyak atau bahkan yang sudah meninggal dunia.

Dari Ibnu Abbas radhiyallahu’anhu beliau mengatakan,Dahulu kami penah bersafar Bersama Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam.

lalu tibalah hari raya Idul Adha maka kami pun berserikat sepuluh orang untuk qurban seekor unta. Sedangkan untuk seekor sapi kami berserikat sebanyak tujuh orang.

Adapun yang dimaksud: “…kambing hanya boleh untuk satu orang, sapi untuk tujuh orang, dan onta 10 orang…” adalah biaya pengadaannya. Biaya pengadaan kambing hanya boleh dari satu orang, biaya pengadaan sapi hanya boleh dari maksimal tujuh orang dst.

Alur Tabungan Qurban

adapun alur jika ada teman teman yang berniat membuat program yang sama adalah sebagai berikut :
  • Pertama, peserta memilih paket yang diinginkan, setelah proses administari selesai maka lanjut ke
  • Kedua mulai menabung
  • Dua minggu sebelum hari raya idul adha, peserta akan mendapatkan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) tentang berapa total yang sudah ditabung.
  • setelah itu kita lanjut untuk membeli hewan qurban yang kalo bisa kita berdayakan peternak yang ada di lingkungan sekitar kita.
  • Terakhir berqurban
  • Biasanya setelah semua sudah dilewati kita akan buatkan LPJ juga tentang rincian uangnya kemana aja, sapi yang dibeli dimana lengkap dengan foto sampai kwitansinya

Sistem Pembayaran

terakhir sistem pembayarannya kalo bisa dibagi menjadi dua yaitu :
Bisa cash melalui pengurus remaja masjid atau transfer ke bank organisasi. Dan setiap peserta bisa diberikan kartu iuran seperti ini

Kesimpulan

Tabungan qurban ini intinya adalah media untuk persiapan ibadah qurban dan tulisan ini semoga bisa menjadi referensi kalo ada teman teman di tempat lain yang mungkin mengalami seperti yang kami alami atau teman teman organisasi karang taruna atau remaja masjid yang lagi cari refferensi untuk program kerjanya semoga ini bisa membantu.

Kalo teman teman butuh file file yang terkait dengan tabungan qurban ini, bisa download dibawah sini teman teman

Download Contoh Undangan : Undangan Sosialisasi 
Download Powerpoint : Slide Sosialisasi
Download Contoh : Surat Pernyataan Peserta
Download Contoh : LPJ Tabungan Qurban
Download Excel : Kartu Iuaran

Semoga bermanfaat dan terima kasih teman teman!

1 komentar untuk "Program Kerja Tabungan Qurban : Ibadah Qurban Terencana dan Semakin Bermakna"

  1. Comment Author Avatar
    Duwi lestari 05 November, 2022
    Terimakasih banyak atas infonya kak, tabungan qurban media untuk mempermudah menjalankan kewajiban berkurban