Baru Ngeblog? Gabung di 6 komunitas blogger berikut yuk!

Semisal ada teman teman yang baru mulai ngeblog seperti saya atau mungkin udah lama tapi mau cari lingkungan yang sama, nyari info lomba atau sekedar cari jodoh atau teman lama mungkin (eiittt), hahhaa. boleh sekali untuk kita sama sama gabung ke 6 komunitas atau forum blogger indonesia yang masih eksis sampai hari ini. bentar bentar.. hari apa ini? ini ahad, 23 oktober 2022. iya bener ahad 2022, tapi kayaknya sih beberapa komunitas blogger ini akan bertahan lama, semoga.

oh ya, yang paling penting 6 komunitas blogger ini bukan cuma eksis di forum webnya saja tapi di sosial media pun sama, misalnya di instagram hampir setiap hari mereka post di feed atau instastory.

jadi buat teman teman yang ingin menambah wawasan ilmu perblogan atau sekedar mencari teman langsung meluncur buat join sama 6 komunitas blogger berikut :

1. [ 1minggu 1 cerita ] - 1minggu1cerita.id

paling atas adalah 1 minggu 1 cerita, ini komunitas bagus sekali menurut saya. kenapa ? karena di komunitas 1 minggu 1 cerita ini kita dibiasakan untuk konsisten menulis minimal 1 minggu 1 cerita atau 1 postingan blog maksudnya. sesuai tagline mereka "Menulislah walau #1Minggu1Cerita.

terus ketentuan nulisnya gimana ? simple sekali (yaa walaupun gak se simple aktualnya sih). Cukup setor tulisan minimal 1x seminggu. Tulisan apa ? bebasss, yang penting kita bahagia katanya haha

nanti setelah sudah daftar melalui website 1minggu1cerita.id dan disetujui kita akan dimasukkan ke dalam group whatsapp dan bertemu dengan teman teman blogger lainnya dari seluruh indonesia disana.

Note! Member yang tidak menyetorkan tulisannya selama 6 Minggu berturut turut, akan otomatis Dihapus dari keanggotaan #1Minggu1Cerita. dan ini terjadi pada saya haha, tapi kita bisa kembali kapan saja kok kalo sudah siap! :)

2. BloggerCrony - bloggercrony.com

Bloggercrony (Komunitas Bloggercrony Indonesia) yang sering disebut juga sebagai BCC, lahir merespons dinamika dan perkembangan blogging dan pertumbuhan blogger.

Komunitas blogger ini juga lahir untuk memberikan alternatif kepada blogger yang membutuhkan komunitas untuk mewadahi dan memfasilitasi teman-teman blogger mengembangkan kualitas dirinya (capacity building), membangun jejaring yang dapat membuatnya bertumbuh (networking), dan berkegiatan khusus untuk blogger agar dapat memproduksi tulisan-tulisan yang informatif, bermanfaat dan inspiratif bahkan membuatnya berdaya secara moral dan material (empowering). behhhh keren sekali bahasa saya, ngomong ngomong itu copy paste dari web resminya makanya keren hahaha.

Jujur saya sudah beberapa bulan lalu mendaftar kesini tapi belum diterima, cek cek inbox whatsapp dan email belum ada juga, nahhh manatau teman teman sudah daftar sini dan cepat prosesnya bisa dibagikan tipsnya disini :)

Tapi walaupun belum bergabung disini, kalo lihat Instagram dan webnya kayaknya sih komunitas ini punya banyak program menarik (misalnya BloggerHangout, BloggerView, BloggerPreneur) yang mungkin akan bermanfaat untuk blogger pemula ataupun sudah tua (lama ngeblognya bukan umurnya) :)

3. BloggerHub - bloggerhub.id

BloggerHub merupakan komunitas yang menaungi blogger di seluruh Indonesia. Teman teman bisa menulis di website BloggerHub dan berkolaborasi dengan blogger dari berbagai kategori blog.

Beberapa program BloggerHub, misalnya webinar (ini sering sekali), event offline, dan kegiatan menarik lainnya yang bertujuan untuk menambah pengetahuan blogger serta menambah relasi antar anggota.

Saya sendiri sempat bergabung dengan Bloggerhub, di Whatsapp groupnya ada program nama Jejakin (Blo walking dan IG Comment). Kalo blog walkingnya setiap selasa dan jumat, kalo IG nya lupa setiap hari apa gak pernah ikut soalnya haha.

Yang buat seru juga, ternyata bukan cuma pemula yang gabung sini. Yang sudah punya pro juga lumayan, jadi kalo ada kesulitan atau mau nanya apa seputar blog langsung aja tulis di group nanti berbagai jawaban langsung kita temukan. terus yang sudah pro juga sering sharing pengalamannya masing masing, jadi makin insecure, ehhhh. jadi makin anu haha.

4. Indonesian Social Blogpreneur - komunitasisb.com

Indonesian Social Blogpreneur (ISB) adalah Komunitas Blogger yang fokus pada pembangunan kualitas konten sesuai kategori dan minat blogger yang selanjutnya dioptimasi menjadi sarana untuk memperoleh benefit secara moral maupun materi.

mereka punya visi dan misi untuk mengedukasi Blogger melalui artikel, event online dan event offline. Dan diharapkan Blogger menjadi Agent of Changes bagi lingkungan sekitarnya.

programnya gimana ? luar biasa! Setiap selasa ada Sharing Blog , setiap Rabu ada Blog Walking, terus dua bulan sekali ada sharing sama ahlinya ahli pakarnya pakar dengan tema tema yang menarik.

5. Blogger Perempuan Network - bloggerperempuan.com


"Blogger Perempuan Network is a community where Indonesian female blogger meet and gather to create their own story". ini kalimat pembuka ketika membuka web komunitas ini, yang membuat bapack bapack langsung mengurungkan niat buat tekan sign up haha.

Tapi jujur liat tampilannya web komunitas satu ini, keren sin ini asli. info lomba blog lengkap disini belum lagi ada pemillihan blog of the month blog of the years. Behhhhh war biasa emang.

Dan yang pasti saya tidak bergabung dengan komunitas satu ini seperti dibilang diawal haha. nahhh buat bu ibuk dan ba mbak pas sekali ini gabung sama salah satu komunitas blog terbesar di Indonesia ini.

6. Emak emak Blogger - emak2blogger.com

Nahhhh kalo yang terakhir ini jangan diragukan lagi, salah satu kelompok makhluk terkuat dibumi punya forum ini (emak emak) hahaha. Bahkan instagram mereka sudah centang biru, jadi gakada keraguan lagi dong ya sama komunitas yang satu.

Kumpulan Emak Blogger atau yang biasa disebut KEB adalah komunitas blogger perempuan Indonesia. Anggotanya terdiri dari ribuan blogger perempuan dari berbagai komunitas blogger Indonesia, baik yang berdomisili di dalam maupun di luar negeri.

programnya apa aja ? langsung sign up mak emak haha

sudah enam ya? okay sudah, berarti sudah pas. ya udah itu aja ya teman teman. Semoga bermanfaat dan terima kasih!

11 komentar untuk "Baru Ngeblog? Gabung di 6 komunitas blogger berikut yuk!"

  1. Comment Author Avatar
    Bikinlah komunitas buat bapak2 biar adil. Hahaha.
  2. Comment Author Avatar
    Betul sekali. Bergabung di komunitas yang satu passion itu memang sangat diperlukan. Saya termasuk terlambat dalam hal gabung di komunitas. Setelah gabung, seru juga.
  3. Comment Author Avatar
    Saya join beberapa grup diatas, senang bergabung dengan komunitas yang saling mendukung.
  4. Comment Author Avatar
    Thank you infonya mas, saya kebetulan lagi nyari komunitas-komunitas blog, buat nambah networking
  5. Comment Author Avatar
    Ku sudah gabung dalam 3 komunitas yang disebutkan diatas. Sebagai pemula, mengikuti komunitas blog ini cukup membantu sekali sih memang. Bisa belajar dari blog-blog lain. Thanks ka sudah sharing
  6. Comment Author Avatar
    Aku pernah gabung di ISB, tapi karena gak ikutan tantangannya, jadi gak lanjut.
    Pengen gabung lagi.. Kangen sama sharing ilmunya yang menginspirasi.

    Bergabung di banyak komunitas membuat kita semakin termotivasi untuk terus menulis dengan kebahagiaan dan kebaikan.
  7. Comment Author Avatar
    Sudah gabung ke 3 komunitas diatas.. Tapi ya bismillah konsisten meluangkan dan memprioritaskan menulis...
  8. Comment Author Avatar
    Wah, keren-keren ya komunitasnya. Memang gabung komunitas blogger itu banyak manfaatnya buat blogger.
  9. Comment Author Avatar
    Wah informasi keren & berguna bgt nih buat para newbie blogger.. sya jd pengen gabung dg bbrapa komunitas blog di daftar tsb nih, hehee.. makasih informasinya ya
  10. Comment Author Avatar
    Tentu saat ini persaingan semakin ketat, dan salah satu upaya agar tetap eksis adalah dengan cara berkolaborasi, salah satunya dengan masuk ke komunitas, dan tentu banyak hal yang bisa didapatkan dari komunitas, dan dari deretan rekomendasi di atas saya baru gabung di BlogerHub
  11. Comment Author Avatar
    Mau nambahin kak, ada forum blogger nih bisa di akses di www.forumblogger.my.id, atau bisa di search di google dengan kata kunci forum blogger Indonesia nanti ada paling atas hasil pencarian