12+ Kutipan Pilihan untuk kita yang sering meragu Dari Buku Salah Satu hal Terjahat Yang Dilakukan Manusia Adalah Meragukan Dirinya Sendiri

12+ Kutipan Pilihan untuk kita yang sering meragu Dari Buku Salah Satu hal Terjahat Yang Dilakukan Manusia Adalah Meragukan Dirinya Sendiri

Pernah enggak teman teman berpikir boleh jadi perasaan insecure yang kita rasakan selama ini adalah bentuk teguran dari Allah?

Allah inginkan kita melihat diri sendiri dengan kacamata syukur, tapi kita malah melihat diri sendiri dengan kacamata ingkar,

Seolah olah tak ada kebaikan dan kelebihan satu pun di dalam diri, seolah olah nikmat Allah itu tak berbekas sama sekali.

Alah tidak suka kita menggunakan kacamata seperti ini, maka Allah pun berikan derita melalui perasaan insecure, sebagai pengingat agar kita cepat cepat membuang kacamata itu.

*delapan puluh satu kata diatas dikutip dari halaman 13 buku ini

Kata Bang Jauh, Buku Salah Satu Hal terjahat yang dilakukan manusia adalah meragukan dirinya sendiri adalah tentang seorang hamba yang tengah diterpa badai keraguan dan perendahan diri, berharap bisa mengumpulkan keping keping keberanian dan kebaikan.

Karena itu, untuk kita yang letih terombang ambing oleh badai keraguan dan perendahan diri, dan berharap bisa meredakan badai badai itu dan berdamai dengan dirinya sendiri.

*Untuk kita yang sering meragu

Berikut ini beberapa kutipan favorit dari buku Salah Satu Hal terjahat yang dilakukan manusia adalah meragukan dirinya sendiri. Mana tau, lewat tulisan-tulisan Bang Febriawan Jauhari ini kita bisa melakukan evaluasi tanpa harus membunuh diri kita sendiri.

Sungguh, kita adalah makhluk yang sangat pandai merasakan sesuatu yang tidak ada, dan lupa dengan sesuatu yang ada

kita sangat pandai merasakan kesuksesan orang orang terdekat, tapi sangat tidak pandai merasakan kesuksesan diri sendiri. Padahal bahagia itu tak harus dengan memiliki apa yang diirikan, pun dengan mensyukuri apa yang sudah dimiliki jauh lebih bisa membuat bahagia.

Sepiring nasi berlaukkan tempe tapi ada, jauh lebih mengenyangkan daripada ayam bakar tapi tidak ada kan?

Kumpulkan "mampumu' terlebih dahulu, baru kemudian maju

Berani dan ceroboh itu beda tipis. Sama sama memiliki semangat untuk melawan musuh, tapi belum tentu sama sama memiliki kemampuan untuk melawannya.

tidak selamanya rencana besar harus di eksekusi sekarang juga. Tidak selamanya menunda itu buruk, beberapa hal memang harus ditunda. maka tenangkan lautan semangat yang sedang berkecamuk di dalam hatimu itu.

Masalah masalahmu tidak lebih besar daripada kemampuanmu


وَلَنَبْلُوَنَّكُم بِشَىْءٍ مِّنَ ٱلْخَوْفِ وَٱلْجُوعِ وَنَقْصٍ مِّنَ ٱلْأَمْوَٰلِ وَٱلْأَنفُسِ وَٱلثَّمَرَٰتِ ۗ وَبَشِّرِ ٱلصَّٰبِرِينَ
Artinya: Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (Q.S Al Baqarah ayat 155)

tidakkah kamu penasaran kenapa Allah mengatakan 'sedikit'? Kenapa tak langsung saja "kami pasti akan mengujimu dengan ketakutan, kelaparan..."?

salah satu hikmahnya karena Allah tahu bahwa kita adalah makhluk yang lemah, maka sebagai bentuk kasih sayang, Allah pun menguji kita dengan seidkit saja dari rasa takut, lapar, kurang harta, kehilangan dan masalah masalah lainnya.

Jika ditimpakan semuanya, tentulah kita akan hancur tersebab tak mampu menahannya.

tidakkah ini membuatmu tenang? bahwa masalah masalah yang menimpamu itu Allah timpakan karena tahu bahwa kamu punya kemampuan untuk melawatinya.

Beri kesempatan pada dirimu untuk memikul apa yang memang ia mampu pikul

bebaskanlah dirimu! Berikan kesempatan padanya untuk berkembang dan bertumbuh, untuk memikul beban yang sejatinya ia mampu untuk pikul, untuk meraih kesuksesan yang memang sejatinya ia mampu untuk raih.

Bukankah saat kita merasa tidak pantas untuk mendapatkan sesuatu sama saja dengan kita mengharamkan diri untuk meraihnya?

yang perlu kita perbesar bukanlah rasa iri dan benci, tapi usaha untuk membenahi diri

Tak peduli sebanyak apa pun ember yang kamu siapkan untuk menampung atap yang bocor, itu tidak akan menyelesaikan masalah.

Tak peduli sebanyak apa pun iri dan benci yang kamu tujukan pada orang lain, itu tidak akan pernah menyelesaikan masalah. fokuslah pada atapnya, benahi dan perbaiki, karena memang di situlah letak masalahnya

Tidakkah kamu malu menjadi pengecut sedangkan kamu terlahir dari rahim seorang perempuan yang begitu hebat dan kuat?!

darahnya mengalir dalam darahmu. Doa doanya deras menghujanimu. Lantas kenapa kamu begitu cengeng?!

Kamu adalah anak dari seorang perempuan yang luar biasa! Ia percaya padamu, maka kamu percayalah pada dirimu sendiri.

dikritik memang menyakitkan, tapi dibiarkan dalam kesalahan jauh lebih menyakitkan

Sebab, saat kamu salah kemudian seseorang mengkritikmu, sejatinya ia tengah menganggapmu ada, ia peduli denganmu, tapi jika ia hanya diam, tidak menegurmu, bukankah ini menunjukan bahwa dia tidak peduli padamu? Menganggapmu tidak? sungguh, ini jauh lebih menyakitkan.

Manusia itu tidak sempurna, suka salah dan lupa. Menolak kritik secara mutlak sama saja dengan mengatakan bahwa diri kita sudah sempurna, terbebas dari salah dan lupa.

menerima kritik adalah bentuk penerimaan diri sebagai manusia, juga merupakan ciri ciri ketawadhuan.

Semakin lama kita menundanya, maka semakin banyak kesempatan setan untuk melemahkan kita

jarak antara pagi dengan waktu sore itu tidaklah sebentar, sangat panjang. Siapa yang menjamin jika di rentang waktu itu kita bisa mempertahankan semangat dan tekad kita?

terlebih jika yang kita tunda adalah kebaikan.

Berapa banyak hari hari indah yang telah kita rusak tersebab ketakutan dan kekhawatiran yang berlebihan?

Jangan biarkan beratnya masalah, besarnya impian, kegagalan di masa lalu, ketakutan akan masa depan, kuatnya pesona seseorang, kerasnya omongin manusia, jangan biarkan semua itu membuatmu meragukan dirimu sendiri.

kita pintar sekali mengagumi yang jauh, tapi sangat payah mensyukuri yang dekat

Buat apa menghitung nikmat yang Allah berikan kepada orang lain? kenpa tak menghitung nikmat yang Allah berikan kepada diri sendiri saja? itu jauh lebih bisa membuat bersyukur.

fokus pada hidupmu, bukan hidup orang lain. Fokus pada nikmat yang kamu terima, bukan yang orang lain terima.

Masalah - masalahmu tidak akan diselesaikan oleh orang lain

masalah masalahmu tidak akan diselesaikan oleh orang lain, tidak pula tiba tiba selesai dengan sendirinya. Satu satunya yang harus, bisa dan akan menyelesaikannya adalah dirimu sendiri. maka kumohon, jangan pernah melarikan diri!

baik mengahadapi masalah maupun melarikan diri sama sama berat, kenapa tak memilih untuk menghadapinya saja?

berat memang, tapi jauh lebih selamat. Susah memang, tapi kita bersama yang Maha Memudahkan.

Jadilah raja atas kemauan kemauanmu

mari berjanji pada diri sendiri, mulai sekarang, semalas apa pun kita melakukan kebaikan, maka tetaplah melakukannya.

Dan sesemangat apa pun kita melakukan hal yang tidak bermanfaat, tundalah selama mungkin, malasalah semalas malasnya, mari tetap kita mengerjakannya.

mari membuat basi hasrat dan keinginan jahat itu

Kamu lebih memilih dirimu sendiri daripada Allah

kamu tahu puncak keegoisan itu apa?

Saat Allah ingin melihat dirimu dari kacamata syukur, tapi kamu malah lebih memilih kacamata kufur.

Saat Allah ingin kamu menjalani hidup ini dengan penuh kepercayaan diri, tapi kamu malah lebih memilih meragu, melewatkan milyaran kesempatan dan kebaikan yang menghampiri hidupmu.

Hanya karena kamu tidak terkenal bukan berarti kamu tidak hebat

hanya karena follower di media sosialmu tidak sebanyak orang orang, bukan berarti kamu tidak hebat. Hanya karena kamu tidak terkenal, bukan berarti kamu tidak luar biasa. Hebat atau tidaknya seseorang itu tergantung sikap dan tindakannya, dan itu tidak harus dipublikasikan lewat media sosial.

Lihatlah sekelilingmu, keluargamu, teman temanmu, tukang sapu di pinggir jalan, pedagang kaki lima yang menggendong anaknya, petugas pom bensin, ojek online yang sedang mengantarkan penumpang atau pesanan, apakah menurutmu mereka terkenal? Apakah menurutmu mereka memiliki ratusan ribu follower di media sosial? tapi hanya karena tidak terkenal, apakah lantas itu menjadikan mereka tidak hebat sama sekali?

tentu tidak!

Bagaimana mungkin kita akan mengatakan mereka tidak hebat, sedangkan mereka tengah berjuang untuk keluarga mereka? ada perut yang harus diisi, ada SPP sekolah yang harus dibayarkan, ada susu yang harus dibeli. ada mimpi mimpi dan harapan harapan yang terpikul di pundak. mereka hebat dengan caranya masing masing. Mereka hebat meski orang orang tidak mengenalnya sama sekali.

Nah, itulah beberapa kutipan atau quotes pilihan dari buku Salah Satu hal Terjahat Yang Dilakukan Manusia Adalah Meragukan Dirinya Sendiri karya Bebriawan Jauhari.

Gimana? Kurang? haha. Kalo teman teman mau membaca lebih banyak lagi langsung cari bukunya di toko buku terdekat atau di market place kesukaan teman teman, atau bisa juga lewat link di bio instagram
penulisnya langsung @FebriawanJauhari


Terima kasih dan semoga bermanfaat teman teman

6 komentar untuk "12+ Kutipan Pilihan untuk kita yang sering meragu Dari Buku Salah Satu hal Terjahat Yang Dilakukan Manusia Adalah Meragukan Dirinya Sendiri "

  1. Comment Author Avatar
    Wuih keren2 banget quote-nya. Bisa banget dipakek utk sehari-hari. Bagus nih
  2. Comment Author Avatar
    menarik dan bagus-bagus ya quotenya jadi reminder untuk diri sendiri, baca reviewnya aja saya senyum-senyum sendiri dan manggut-manggut
  3. Comment Author Avatar
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  4. Comment Author Avatar
    Bagus2 ya quote nya.. Yg terakhir terutama, ngena banget. Makasih remindernya kak, masyaAllah..
  5. Comment Author Avatar
    Duwi lestari 25 November, 2022
    Bagus banget kak quotesnya, bjsa dijadikan untuk motivasi diri
  6. Comment Author Avatar
    fix ini quote nya keren2 langsung auto jadi bahan story di sosmed. Hahha