5 Langkah mudah memulai Blog untuk pemula


teman teman mungkin sudah tahu blog itu apa? atau malah sudah pasti tahu, bukan mungkin tahu lagi. Profesi atau pekerjaan yang mengelola blog ini cukup populer di dunia internet soalnya.

kalo meminjam definisi dari wikipedia, Blog didefinisikan sebagai bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Situs ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan pengguna blog tersebut

*simplenya gini

Blog itu adalah semacam buku harian online. Pemilik blog biasanya menuliskan berbagai catatannya kedalam blog miliknya, seperti halnya buku harian. hasil dari tulisan itu dapat dilihat secara online melalui internet.Selain itu pengunjung blog juga bisa memberikan komentarnya pada tulisan pemilik blog. Selain tulisan dapat pula ditambahkan gambar, video, bahkan bisa pula mengupload file. sehingga pengunjung dapat mendownload file yang kita masukkan.

Jadi sebenarnya kalo ada yang bilang goggle menjawab semua pertanyaan, sedikit salah kayaknya ya. karena kan goggle hanya menampilkan jawaban dari para blogger saja, dan yang benar benar menjawabnya adalah blogger haha. seperti kata mas spencer Haws diatas.

Terus siapa yang Bisa membuat Blog?

siapa aja yang mau , bisa melakukannya dengan mudah.

awal awal blogging dulu mungkin para blogger harus punya keterampilan pengkodean HTML atau PHP untuk mengupdate blog mereka.

kalo Sekarang, ada banyak fasilitas tempat blogging seperti WordPress, Tumblr, Medium, Blogger, dan lain lain yang memungkinkan kita membuat blog dengan mudah tanpa harus menulis kode.

yang penting kita bisa klak klik klak klik, maka kita bisa membuat dan memulai blog dalam hitungan menit saja.

Nahhh untuk lebih jelasnya sebelum klak klik klak klik, berikut ini adalah 5 langkah mudah untuk memulai blog bagi pemula.

1. Tentukan Nama

Buat nama yang mudah diingat, jangan yang aneh aneh, apalagi alay. bisa nama sendiri, nama pena atau nama apa aja yang penting nggak terlalu panjang. nama nama yang unik juga keren kayaknya, misalnya diambil dari bahasa daerah atau apalah yang penting unik dan mudah dibaca serta di-eja.

2. Pilih Platform

kalo masih pemula kayak saya ini, blogspot adalah pilihan terbaik kayaknya. udah gratis, pilihan template banyak dan mudah untuk custom domain kalo mau ganti jadi .com .net .id dan dot dot lainnya. kalau sudah lebih pro bisalah coba coba pake wordpress.org. 

Jadi kalo teman teman mau simple dan gratis dulu, bisa pake blogger dulu dan memang ini pilihan terbaik untuk pemula sih kayaknya.

3. Pilih Template

Jangan terlalu ingin sempurna di awal awal, keseringan ganti template malah jadi malas buat nulis, kayak saya hahaha. ganti template nih, sebulan kemudian liat blog orang templatenya bagus pengen ganti template itu. liat lagi yang lain pengen template kayak gitu lagi, gitu aja terus sampe gak nulis nulis haha.

nahhh menurut saya yang paling penting dari pemilihan template itu enak dipandang, terus responsive (di hp enak diliat di PC juga enak diliat) dan gak lelet.

kalo kata mas Sugeng "Stop buang buang Waktu gonta ganti template blogger". kalo mau paling aman dan nyaman ya beli template premium aja :). tinggal sat set set

Tapi kalo belum mau yang premium, yang free tapi memenuhi ERG (enak dipandang, Responsive dan Gak lelet) juga banyak berkeliaran, tinggal di tangkap aja. ehhh tinggal di download aja.

4. Tentukan Niche

Apa itu niche? Niche adalah topik atau area yang menjadi fokus utama blog kita nantinya. Ya, salah satu cara membuat blog pribadi maupun profesional yang menarik adalah dengan mengulas topik yang disukai kan ya ?.

Misalnya, teman teman berprofesi sebagai ibu rumah tangga atau bapak rumah tangga, teman teman bisa memilih niche blog seputar parenting misalnya.suka jalan jalan? bisa coba bahas traveling, suka baca buku atau suka pinjam buku teman? bisa mencoba niche tentang review buku. Atau mungkin ada mbak mbak atau mas mas yang suka tambal ban, bisa memilih niche blog otomotif misalnya. (misalnya ini, misalnya).

*tapi kalo cuma bisa tambal ban gakbisa niche otomotif juga sih, cocoknya apa ya?

ehhhh, okay kembali ke jalan yang benar.
kalo boleh berpendapat, mungkin banyak web yg bilang harus pilih maksimal tiga niche blog atau kalo bisa satu aja agar fokus. Tapi lebih penting dari itu semua, menurut saya. ini menurut saya sih ya. niche atau topik apa jalanin aja dulu kalo belum punya atau belum kepikiran. 

mungkin di pertengahan jalan, pertigaan, perempatan, atau perlimaan jalan nanti kita akan menemukan niche kita dengan sendirinya. 

Jadi jalanin aja dulu.....karena itu langkah berikutnya ini hal yang paling penting.

5. Mulai Menulis

kalo lihat tulisan tulisan orang yang ngeblog kayak keren aja kan ya ? itu karena mereka sudah tulis ratusan bahkan ribuan tulisan mungkin. makanya mulai aja dulu, karena kalo kata Kadika "Tulisan pertama pasti akan berbeda dengan tulisan ke - 50, so keep going aja katanya.

kelemahan blogger termasuk saya sendiri itu adalah tidak konsisten, ya kan ? kadang malas kadang rajin, ahhhh ente kadang kadang emang.

terakhir, ketika kadang malas itu datang, kalo boleh mengutip motivasi dari salah satu penulis favorit saya kak Febriawan Jauhari sebagai semangat untuk kita bersama. Bang Jauh bilang begini..
Sesederhana apapun tulisanmu,
tetaplah menulis,
tetaplah membagikannya,

kita tidak pernah tahu sejauh mana ia berlabuh, 
boleh jadi di belahan bumi lainnya,
seseorang membacanya lantas mulai berbenah, merubah hidupnya.
tidakkah ini membuatmu bahagia?

Satu hati yang tersentuh,
satu jiwa yang mulai belajar tumbuh,
itu sudah lebih dari cukup.

Jika bukan orang lain,
minimal untuk diri kita sendiri.

Jadi kapan nih mulainya? atau sudah pro malah? haha 

1 komentar untuk "5 Langkah mudah memulai Blog untuk pemula"

  1. Comment Author Avatar
    Tulisan ini singkat, padat, dan jelas dan tentunya sangat membantu untuk blogger pemula. Terima kasih!