Free Download Bahan Bacaan anak yang menyenangkan disini

Sebuah penelitian di tahun 2019 dengan judul "When Children Are not read to at home: The Million word Gap" menyimpulkan bahwa seorang anak yang sejak lahir hingga usia lima tahun tidak pernah dibacakan buku, ia hanya akan mendengarkan sebanyak 4.662 kata saja. Sementara anak yang dibacakan buku sehari sekali akan mendengarkan 296.660 kata dan anak yang dibacakan lima buku sehari akan mendengarkan kata sebanyak 1.483.300 kata.

disini terlihat, betapa jauh perbedaan kata yang didengar oleh anak yang tidak pernah dibacakan buku dan yang sering dibacakan buku. Selain itu, dijelaskan juga oleh Dr. dr. Ray wagiu Basrowi, MKK di situs bebeclub.co.id bahwa terdapat beberapa manfaat membacakan buku cerita pada anak, diantaranya :

  • Mendukung keterampilan membaca dasar
  • Mengajarkan tentang dunia
  • Meningkatkan kosa kata
  • Mendorong anak untuk membaca sendiri
  • Meningkatkan empati pada anak anak
  • Mengembangkan keterampilan literasi tingkat lanjut anak anak

Dengan berbagai manfaat yang didapatkan dari membacakan buku pada anak ini, maka sudah selayaknya para orang tua untuk mulai membiasakan membaca buku untuk anak.

Walaupun terkadang terhalang berbagai rintangan, misalnya toko buku yang jauh, mau pinjam ke perpustakaan juga jauh, mau beli buku anak harganya juga lumayan, dan berbagai halang rintang lainnya.

Alhamdulillah nya dari berbagai halang rintang itu kita masih bisa mendapatkan bahan bacaan secara gratis dalam bentuk buku elektronik (Ebook) dari berbagai situs ataupun aplikasi berikut ini, apalagi bahan bacaan yang tersedia juga dalam bentuk full color, disertai cerita yang interaktif dan dikolaborasikan dengan budaya lokal daerah.

Berikut ini 5 tempat Download gratis dan bebas baca bahan bacaan untuk anak yang menyenangkan.

#1 Let's Read

'Let's Read' merupakan sebuah platform perpustakaan digital yang berisi koleksi anak-anak. 'Let's Read' buat oleh The Asia Foundation melalui program Book for Asia.

'Let's Read' in bertujuan untuk mengembangkan kecintaan membaca, karena anak membutuhkan buku dalam bahasanya sendiri dengan karakter, tema, dan setting yang mencerminkan kehidupannya. 

oh ya, Let's Read ini juga punya aplikasi yang bisa di download di google play store dan app store

Ada ratusan buku yang bisa di akses untuk anak-anak secara gratis. Buku-buku ini berasal dari dalam dan luar negeri. Selain ditulis dalam bahasa inggris, buku-buku yang berasal dari Asia telah diterjemahkan ke bahasa nasional dan bahasa daerah negara di Asia termasuk beberapa bahasa daerah Indonesia.

#2 Literacy Cloud Room to Read

Literacy Cloud bisa menjadi alternatif bagi kita para orang tua yang terkendala dalam menyediakan buku bacaan kepada anaknya. Karena seperti yang kita ketahui buku bacaan anak memiliki harga yang cendrung lebih tinggi disebabkan kualitas bahan dan penggunaan warna.

Berbagai fitur yang terdapat di Literacy Cloud yang dapat kita manfaatkan yaitu buku dan video yang telah disesuaikan dengan jenjang anak, kategori buku dan video, serta berbagai sumber yang dapat kita download, dan kita juga dapat mengatur pilihan bahasa sesuai yang kita inginkan.

#3 Inovasi

INOVASI adalah kemitraan antara pemerintah Australia dan Indonesia, yang meliputi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Agama (Kemenag) dan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), serta mitra-mitra di tingkat daerah di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, dan Jawa Timur.

Program ini berupaya mengidentifikasi dan mendukung perubahan dalam hal praktik pembelajaran, sistem, dan kebijakan pendidikan yang secara nyata mampu mempercepat peningkatan hasil belajar siswa di bidang literasi, numerasi dan keterampilan abad-21. INOVASI dikelola oleh Palladium.

Disitus inovasi ini terdapat banyak pilihan buku yang bahan bacaanya ini disesuaikan dengan budaya lokal. misalnya buku lokal Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara timur, Kalimantan timur dan berbagai daerah lainnya.

#4 Kemdikbud

Modul ini dikembangkan oleh pusat asesmen dan pembelajaran dengan melibatkan ahli di bidang pendidikan khususnya literasi dan numerasi sebagai pengarah materi dan penulis serta para ilustrator di bidang buku cerita anak.

bahan bacaan disini awalnya digunakan untuk memfasilitasi pembelajaran saat masa Covid. Kalo lihat bahannya juga bagus bagus sekali. apalagi berisi 3 modul, dimana ada modul untuk siswa, orang tua, dan modul pendamping bagi guru.


Didalam modul ini juga sangat lengkap dijelaskan bagaimana cara menggunakan modul, kemudian kegiatan apa yang bisa dilakukan sebelum membaca atau belajar dilengkapi dengan berapa waktunya. Yang paling saya sukai adalah disini dijelaskan peran apa yang bisa kita lakukan, misalnya kita diminta untuk menunjuk ilustrasi yang ada dihalaman bukunya dan kita diminta untuk mengajukan pertanyaan apa saja. Modulnya juga lengkap dari kelas 1 - 6 Sekolah Dasar.

#5 Buku Digital KPK


Serius, ini inovasi bagus sih dari KPK. membuat buku anti korupksi yang ramah anak yang menjadikan orang tua dapat menjelaskan tentang konsep kejujuran sedari dini ke anak.

***

Demikian beberapa tempat Download gratis dan bebas baca bahan bacaan untuk anak yang menyenangkan. Kalo teman teman punya rekomendasi lainnya bisa sekali ditambahkan di komentar untuk menjadi referensi kita bersama

Posting Komentar untuk "Free Download Bahan Bacaan anak yang menyenangkan disini"