Alasan kenapa membaca adalah olahraga terbaik untuk otak kita

Berapa kali kita pernah melakukan reset password akun email, Instagram, facebook dan akun akun online kita lainnya tersebab kita enggak ingat passwordnya?. Atau kita pernah merasa stres seharian dan enggak bisa tidur mungkin? kadang hal hal yang begini terjadi pada hari hari kita.

Terus hubunganya sama membaca apaan?

Membaca adalah salah satu cara untuk membantu pikiran kita tetap kuat, tajam, dan sehat. Ini adalah “olahraga” yang dibutuhkan otak kita untuk menjalani kehidupan sehari-hari sampai bertahun-tahun yang akan datang.

Nah, Berikut ini beberapa alasan kenapa membaca sangat penting untuk menjaga kesehatan fungsi otak kita.

Memory

Membaca merangsang pikiran dan jaringan saraf yang membantu mengatasi kehilangan dan kerusakan memori. Saat kita membaca, kita melakukan lebih dari sekadar melihat kata-kata di setiap halamannya. Bagi orang dewasa yang lebih tua, membaca sebenarnya dapat memperlambat laju terjadinya masalah memori.

Mengisi hari hari kita dengan membaca terbukti dapat menjaga ketajaman otak pada saat kita mencapai masa tua. Menurut penelitian di tahun 2013 yang dipublikasikan di jurnal Neurology , orang yang sering melakukan aktivitas yang melatih mental (salah satunya membaca), cenderung lebih lambat untuk mengalami pikun jika dibandingkan dengan orang-orang yang tidak suka membaca di masa mudanya.

Konsentrasi

Ketika sebuah buku menarik perhatian kita, kita tidak rela melewatkan satu kalimat pun dari buku itu. Satu kalimat dalam sebuah buku mengandung banyak sekali informasi, sehingga pikiran kita harus bekerja keras untuk memahaminya secara utuh.

“Biasanya, ketika kita membaca, kita memiliki lebih banyak waktu untuk berpikir. Membaca memberi kita tombol jeda unik untuk pemahaman dan wawasan kita.

Membaca melibatkan pemahaman dan interpretasi teks, yang memerlukan konsentrasi yang tinggi untuk mengikuti alur cerita dan memahami ide-ide yang kompleks. Dengan membaca secara teratur, kita dapat melatih kemampuan konsentrasi kita dan meningkatkan daya tahan kita terhadap gangguan eksternal. Dengan demikian, membaca buku adalah kegiatan yang bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi kita secara keseluruhan.

Brain Connectivity

Saat kita membaca, kita harus memecahkan kode informasi untuk memahaminya sepenuhnya. Ini membutuhkan kekuatan otak tertinggi untuk melakukannya! Lebih khusus lagi, membaca merangsang lobus temporal yang menampung pusat bahasa dan bicara di otak.

Di sini tubuh menciptakan jalur yang membantu fungsi otak dan memungkinkan pikiran menerima informasi lebih cepat. Ini adalah keterampilan yang diterapkan pada semua aktivitas dalam kehidupan Anda sehari-hari.

Obat Stress

Saat membaca buku, pikiran kita mengalihkan perhatian kita dari penyebab stres sehari-hari. Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Sussex menemukan bahwa membaca dapat mengurangi stres hingga 68%, bahkan lebih efektif daripada mendengarkan musik, menikmati teh atau kopi, bahkan berjalan-jalan santai.

enggak peduli buku apa yang dibaca, asalkan menarik untuk dibaca, dan manfaatnya dapat kita rasakan.

Obat Tidur

Susah tidur? Cobalah membaca sebelum tidur. Para ahli menyarankan untuk membaca sebelum tidur karena dapat menenangkan pikiran serta memberikan isyarat pada tubuh untuk mulai beristirahat.

Saat kita membaca buku, otak kita fokus pada cerita yang sedang kita baca, sehingga membantu mengalihkan pikiran dari kegiatan sehari-hari yang membuat kita stres. Kita jadi merasa lebih santai dan siap untuk tidur.

Tapi pastikan kalo buku yang kita baca adalah buku yang sebenarnya, yang ada kertasnya bukan E-book ya.

Jadi gimana? Kapan nih mulainya?

Posting Komentar untuk "Alasan kenapa membaca adalah olahraga terbaik untuk otak kita"