Pengalaman Mengikuti Pelatihan Relawan Literasi

Awal Februari 2022, alhamdulillah Bersama 200 rekan rekan relawan literasi mendapatkan ilmu baru dari pelatihan relawan literasi tahap V yang diselenggarakan oleh Inovasi NTB.

Program apaan nih ?

Berdasarkan informasi di www.inovasi.or.id inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia (INOVASI) merupakan program kemitraan antara Pemerintah Australia dan Indonesia di bidang peningkatan mutu pendidikan di jenjang pendidikan dasar. Bekerja langsung dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), program INOVASI berupaya memahami cara-cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah-sekolah yang ada di berbagai kabupaten di Indonesia, terutama dalam hal kemampuan literasi dan numerasi. Implementasi program dilaksanakan di 17 kabupaten yang tersebar di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, dan Jawa Timur.

Di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), implementasi program INOVASI dilakukan di enam kabupaten yaitu Lombok Utara, Lombok Tengah, Sumbawa Barat, Sumbawa, Dompu dan Bima.

Nahh untuk program relawan literasi yang kami ikuti ini merupakan hasil Kerjasama dan kolaborasi antara program INOVASI NTB, Asosiasi Dosen LPTK se NTB dan Konsorsium NTB Membaca. Fokus program ini adalah peningkatan keterampilan literasi dan numerasi dasar bagi siswa-siswa kelas awal.

Ikut itu biar apa coba ?

Biar keren aja, ehhh gaklah haha. Kalo ditanya kenapa tertarik sekali ikut ini. Jawabannya adalah karena sejak awal kami (Ann,popy, Jhon dan saya) menginisiasi rumah baca bale maras hanya modal semangat berkobar untuk meningkatkan minat baca saja seperti yang tertulis di postingan sebelumnya [ baca : Rumah baca bale maras, bebas membaca sebebas menghirup udara ]. Dan kami merasakan bahwa semangat berkobar saja gak cukup, makanya ikut kegiatan ini. Dan Setelah ikut ini kami menjadi sadar kalo banyak ilmu yang belum kami ketahui yang berkaitan dengan literasi khususnya untuk anak anak. Dan berkat mengikuti ini kami mendapat ilmu baru yang insyaallah akan sangat bermanfaat seminimal minimalnya di lingkungan kami. Terima kasih INOVASI telah mengajak kami :)

Terus Pelatihan ngapain aja ?

Pelatihan yang diselenggarakan 2 hari dari tanggal 3 – 4 februari ini dilakukan secara daring dan alasannya sudah jelas karena pandemi yang sedang kita alami. Jadi selama 2 hari itu kegiatannya adalah….

Manfaat Yang didapat apa?

Banyak, untuk pemula seperti saya, jujur banyak sekali ilmu baru yang didapat. Kita mendapat materi peningkatan literasi dasar misalnya cara menentukan level setiap anak karena setiap anak berbeda, setelah pelatihan ini juga kita baru tahu cara mengidentifikasi kesulitan belajar anak gimana. Gak Cuma itu, kita juga dibekali dengan pengetahuan pengetahuan seperti perlindungan anak, kemudian pola pikir berkembang, tentang kesukarelawanan yang membahagiakan, terus tentang berkomunikasi dengan orang tuanya si anak gimana sampai ada praktek menentukan level setiap anak juga, yang walaupun dilakukan secara daring tapi sangat bermanfaat. Oh ya sama ini, informasi referensi buku bacaan anak yang bisa diakses secara online serta bisa bertemu teman teman sesama komunitas literasi di provinsi Nusa Tenggara Barat. Salut dengan kawan kawan relawan literasi (Relasi) yang terus semangat dan mau saling menguatkan sebagai volunteer di lingkungan dan komunitas masing masing.

Semoga ilmu yang didapatkan dalam pelatihan dua hari ini bermanfaat dalam kegiatan kerelawanan pendampingan literasi. Dan semoga kedepannya kebermanfaatan yang diberikan ini dapat menjangkau lebih banyak orang khususnya orang tua dan guru guru Sekolah Dasar yang ada di Indonesia khususnya Nusa Tenggara Barat serta relawan relawan yang mau menularkan semangat membaca kepada setiap orang yang ada di dunia.

Salam Relasi ! terima kasih.

10 komentar untuk "Pengalaman Mengikuti Pelatihan Relawan Literasi"

  1. Comment Author Avatar
    Wah sangat beruntung dan bersyukur bisa mengikuti pelatihan seperti ini. Kalau ada info seperti ini boleh bagi ke saya
    1. Comment Author Avatar
      siap kak, insyaallah
  2. Comment Author Avatar
    Keren banget bisa menginisiasi kegiatan semacam itu. Ini cuma ada NTB aja kah? Di daerah lain nggak ada gitu? Semoga ilmunya bermanfaat dan makin semangat berjuang ya kak... Bravo!!
    1. Comment Author Avatar
      kalo yang tertera di web nya inovasi, implementasi program INOVASI ini ada di NTB, NTT, Kalimantan Utara, sama Jawa Timur. nahhh kalo untuk yang kami ikuti ini kebetulan dari INOVASI NTB kak, coba main main ke inovasi.or.id siapa tau ditempat kakak juga ada program menarik dari INOVASI ini :)
  3. Comment Author Avatar
    Jarang banget daerah ku ada pelatihan kaya gini, karena tempat tinggal ku di plosok sih dan jarang ada bencana juga
  4. Comment Author Avatar
    Keren banget sih bisa ikut kegiatan seperti itu. Cuma di daerah tempat saya ngerantau sekarang mah, belum pernah denger ada kegiatan itu. Semoga nanti ada deh di Indramayu
  5. Comment Author Avatar
    Keren ini ulasan pengalamannya, bisa memotivasi orang lain dg cerita & narasinya.. smoga artikelnya bermanfaat & semakin berkembang yaa..
  6. Comment Author Avatar
    keren kak pengalamannya, terima kasih sudah sharing yah! oh ya btw, kakak sering ikut pelatihan semacam ini kah?
    1. Comment Author Avatar
      gak sering juga, ini tumben malah haha. Buka ruang bacanya sudah dua tahun lalu, tapi tahun ini baru ada kesempatan ikut relawan literasi ini haha
  7. Comment Author Avatar
    Menarik sekali kak, kalau ilmu tentang literasi harus memang di miliki oleh orang tua sehingga mudah memahami karekter anak mereka, sehingga berdampak baik untuk anak